05 Oct 2022

ELEMEN PENTING UNTUK MENCAPAI SALES TEAM YANG SUKSES

Hallo Sobat Dahsyaaaat….

Tim penjualan (Sales Team) memiliki eksistensi yang sangat penting dalam bisnis. Itulah sebabnya, sales  perlu dikelola dengan tepat. Sehingga, mampu memberikan kinerja dan hasil yang maksimal.

Sales Team berada dalam lingkungan kerja yang penuh tekanan. Terkadang, mereka juga bekerja dengan target yang ketat, menghadapi berbagai macam bentuk penolakan, harus menangani berbagai macam konsumen dan pelanggan yang memiliki karakter berbeda-beda dengan bermacam-macam permintaan.

Jadi, selain memastikan Sales team memiliki skill dan wawasan yang baik, perusahaan juga perlu memanfaatkan teknologi yang ada saat ini untuk menyederhanakan tugas-tugas salesman serta distribusi barang agar lebih efektif dan efisien waktu.

Dalam hal ini, perusahaan bertugas untuk mengelola sales team, memberikan motivasi, dan pelatihan yang sesuai kepada sales team.

Inilah mengapa, Sales team mempunyai kelebihan dalam hal melakukan negosiasi langsung dengan calon konsumennya. Selain menjadi bagian penting divisi marketing, Sales team merupakan ujung tombak perusahaan dalam melakukan penjualan produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan. 

3 Elemen Penting Menciptakan Sales Team yang Sukses

Setelah mengetahui pengertian dan tanggung jawab seorang sales force, maka agar perusahaan Anda mampu menciptakan Sales team yang sukses, diperlukan 3 elemen penting berikut ini:

1. Menemukan Talenta Terbaik

Untuk menciptakan Sales team yang sukses, tentunya perusahaan harus menemukan bakat-bakat terbaik sebagai tim penjualan. 

Seorang tenaga penjualan yang hebat memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik, sehingga orang mau membeli nilai produk atau jasa yang ditawarkan. Dengan begitu, konsumen akan mengetahui apa keunikan produk atau jasa tersebut bila dibandingkan kompetitor. 

Selain itu, tenaga penjualan yang baik juga mampu menganalisa targetnya sendiri dan berusaha semaksimal mungkin untuk mencapainya, sebagai bagian dari strateginya mendorong bisnis perusahaan. 

2. Berkomitmen pada Teknologi

Di era digital saat ini, hampir semua perusahaan menerapkan teknologi di berbagai lini. Termasuk divisi penjualan dan pemasaran. Perusahaan yang menggunakan teknologi dapat mempermudah dan menyederhanakan tugas fungsional tim penjualan. 

Misalnya, dengan aplikasi sales monitoring, maka supervisor lebih mudah memantau kinerja salesman di lapangan, cukup memakai smartphone. Selain itu, nantinya data yang diperoleh dapat dijadikan referensi untuk memahami siapa tenaga penjualan terbaik yang ia miliki. 

3. Unit Kerja Terintegrasi

Tidak bisa dipungkiri bahwa divisi penjualan, pasti akan berkolaborasi dengan orang-orang yang bekerja di departemen lainnya. Seperti marketing, bagian administrasi, keuangan, hingga purchasing, dan sebagainya. 

Bila hanya mengandalkan tenaga penjualan yang melakukan koordinasi secara manual, umumnya membutuhkan waktu lama dan kurang efektif. Sebab, bisa saja terjadi kesalahan manusia. 

Sales team menjadi bagian yang paling penting bagi perusahaan, terutama bagi perusahaan yang bergerak di bidang distribusi.

Untuk bisa paham dengan konsep jadi seorang marketing atau sales team memang tidak akan datang begitu saja, dimana sebagai sales team harus terus belajar dan belajar seperti mengikuti berbagai seminar, pelatihan, training yang berkaitan dengan dunia marketing tentunya, salah satunya bisa mengikuti training Motivation for Sales Team dari ASB Indonesia yang akan dipandu langsung oleh The Great Motivator & trainer In Indonesia.

Hubungi Direct Marketing Kami di +62811 6692 888 atau Chat WA untuk Konsultasi