03 Oct 2022

8 SKILL YANG WAJIB UNTUK MENJADI SALES YANG PROFESIONAL

Hallo Sobat Dahsyaat….

sales adalah proses penawaran produk yang dilakukan oleh penjual kepada calon pembeli sehingga menghasilkan sebuah transaksi. Orang yang melakukan aktivitas ini biasanya disebut sales atau salesperson. Bagi kamu yang sedang memulai karir pada pekerjaan ini, berikut adalah strategi atau tips agar menjadi sales yang handal. 

terdapat serangkaian skill yang sama-sama harus dimiliki dalam industri sales.

Spoiler alert, kemampuan yang dibutuhkan bukan hanya negosiasi dan merayu calon konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan saja.

Ingin tahu apa saja daftar hard skill dan soft skill yang dimaksud? Yuk, simak lebih lanjut!

  1. Pengetahuan mendalam akan produk

Di industri sales, tugas utama yang dilakukan adalah berusaha menjual sebuah barang.

Jika kamu tidak paham apa yang sedang dijual, bagaimana calon konsumen bisa percaya denganmu? Bagaimana ceritanya kalau mereka ingin bertanya lebih lanjut? 

orang yang menggeluti sales harus benar-benar memahami perusahaan yang mereka wakili dan juga industri ini secara keseluruhan. 

Apakah perusahaanmu bisa menawarkan sesuatu kepada calon klien? Jika iya, mengapa mereka harus melanjutkan kerja sama dengan perusahaanmu?

Dengan memahami produk dan layanan yang ditawarkan, pitching akan berjalan dengan lebih mulus.

  • Kenali target pelanggan

Selanjutnya merupakan hal yang pasti akan dilakukan oleh seorang sales. Yap, berhubungan dengan pelanggan. Namun sebelum itu, sebagai sales kamu tidak bisa sembarangan mendatangi seseorang untuk ditawari produk yang di jual. Dalam pekerjaan ini, kamu harus mengetahui bagaimana target pelanggan dari produk mu.

Pertama, memahami demografi calon pelanggan. Kamu dapat mengawalinya dengan mengetahui siapa yang akan mendapat manfaat dari produk yang dijual. Berapa usia mereka? Apa pekerjaan mereka? Kapan waktu terbaik untuk menghubungi/mengunjungi mereka? Dan apa jenis kelamin mereka? Selanjutnya yaitu menghubungi demografi tersebut dengan pain point agar mempermudah mudah kamu melakukan interaksi dengan pelanggan. 

  • Aktif mendengarkan

Active Listening atau aktif mendengarkan adalah skill selanjutnya yang harus dimiliki jika ingin sukses di industri sales.

Ketika menawarkan sesuatu, tentu kamu ingin menjadikan perbincangan tersebut dua arah.

Untuk menarik hati calon konsumen dan klien, kamu harus menunjukkan kalau kamu benar-benar mendengarkan apa yang mereka katakan dan inginkan.

Dengan begitu, kamu bisa memberi respon atau pertanyaan lanjutan yang baik dan sesuai dengan konteks pembicaraan. Kalau respon konsumen atau klien hanya masuk kuping kanan keluar kuping kiri saja, sih, perbincangannya jadi satu arah.

  • komunikasi yang baik

Selanjutnya yaitu melatih artikulasi dari setiap perkataan yang disampaikan. Jadi sebelum kamu melakukan presentasi di depan pelanggan, cobalah untuk menyusun kalimat yang paling gampang untuk kamu ucapkan. Jika masih terasa sulit, tidak ada salahnya membuat catatan kecil. Namun, catatan tersebut hanya untuk membantu, bukan untuk digunakan ketika presentasi.

Baik itu dalam sales, mampu berkomunikasi secara baik dengan konsumen dan klien adalah sebuah kewajiban. Seorang Sales yang baik harus bisa menyampaikan sesuatu baik itu secara verbal atau tertulis dengan baik, dan juga mendengarkan secara sungguh-sungguh. Hal ini berlaku di industri sales, yang kunci utamanya adalah komunikasi antar penjual dan konsumen.

  • Manajemen waktu yang baik

Sehari-hari, pasti kamu sibuk menghubungi calon klien dan konsumen prospektif.

Nah, kamu harus mencari waktu di antara kesibukan tersebut untuk menentukan strategi apa yang harus digunakan, apa saja yang perlu dipersiapkan untuk melakukan pitching, dan masih banyak lagi.

  • Jangan terlalu memaksa untuk meyakinkan

Dikutip dari entrepreneur.com, menurut Timo Rein yang merupakan seorang mantan sales dan pebisnis profesional, terlalu memaksa untuk meyakinkan pelanggan akan membuat kamu gagal. Ini terkesan seperti berlawanan dengan apa yang harus dilakukan, tetapi ini penting. Jika kamu pergi ke pelanggan dengan hanya berpikir bahwa kamu perlu “membuat” orang membeli, hal tersebut malah terlihat tidak meyakinkan.

Orang-orang melihat apa yang kamu lakukan, mereka biasanya tidak terlalu percaya dengan apa yang kamu katakan. Oleh karena itu, kamu perlu kenali pelanggan terlebih dahulu. Misi kamu adalah untuk memahami mereka. Apa yang mereka alami? Apa ambisi dan kebutuhan mereka? Fokus pada pelanggan merupakan hal yang paling utama.

  • Negosiasi

seorang salesperson harus mampu bernegosiasi untuk mencapai keuntungan bagi perusahaan dan juga konsumen. Harus meyakinkan klien untuk berinvestasi dan memberikan bantuan dalam bentuk apa pun. 

Hal ini bisa dilakukan dengan membangun kepercayaan dengan pihak kedua dan menunjukkan bahwa apa yang kamu minta juga dapat menguntungkan mereka.

  • Dapat mengatasi keberatan

Sama halnya dengan penolakan, tak jarang pelanggan merasa keberatan dengan produk yang kamu tawarkan, mulai dari harga, fitur, hingga kualitas. Biasanya hal ini terjadi karena pelanggan memiliki kekhawatiran ketika mereka sudah membeli produk tersebut. Pada saat tersebutlah pentingnya untuk memahami produk. Jika tidak, pelanggan malah akan semakin ragu dengan produk yang ditawarkan.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menjadi seorang sales handal. Bagi kamu yang ingin memperdalam kemampuan marketing langsung saja ke ASB INDONESIA untuk mengikuti pelatihan, seminar, training, workshop terkait dunia marketing. Anda akan di pandu oleh instruktur profesional di bidangnya. Tunggu apa lagi, ayo terus upgrade kemampuan untuk mencapai cita-citamu.