29 Oct 2022

Cara Mengembalikan Motivasi kerja

motivasi kerja adalah kunci keberhasilan. Pemilik bisnis, manajer, dan eksekutif semua ingin mendapatkan hasil kerja nyata yang maksimal dari setiap karyawannya. Di sisi lain, para karyawan terjebak dalam rutinitas kerja yang itu-itu saja seperti berangkat kerja pagi buta, tenggelam dalam setumpuk proyek dan rapat ini-itu, lalu pulang tengah malam. Hasilnya? Semangat kerja menurun drastis dan pekerjaan yang tadinya kita cintai pun jadi terasa membosankan.

  • Kurangi multitasking

Meski bekerja erat hubungannya dengan multitasking, ngotot untuk menyelesaikan lebih dari satu tugas berbarengan justru bisa membuang waktu berharga daripada bermanfaat.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang mencoba untuk melakukan dua atau lebih kegiatan sekaligus malah menjadi mudah teralihkan pikirannya, dan kualitas pekerjaan mereka buruk. Kuncinya, fokus selesaikan satu tugas di satu waktu sebelum beralih ke proyek berikutnya.

  • Selalu stay positive

Kegagalan dalam bekerja akan selalu terjadi dan tidak dapat dielakkan. Akan tetapi, kegagalan ini bukanlah sesuatu yang harus dipikirkan secara mendalam. Apalagi kalau sampai membuat motivasi dalam dirimu hilang.

  • Selalu bersikap optimise

Kegagalan adalah sebuah pelajaran berharga yang akan menjadikan dirimu lebih baik lagi di kemudian hari. Belajarlah dari setiap kesalahan yang terjadi dan jangan pernah iri atas kesuksesan yang diraih orang lain. Karena akan ada waktu dimana dirimu juga akan merasakan kesuksesan itu.

Motivasi kerja yang hilang adalah suatu pertanda jelek yang akan mengganggu perkembangan karirmu.

  • Ingat apa yang menjadi tujuanmu

Jika semangat sudah mulai hilang, ingatlah apa yang menjadi tujuanmu dalam hidup ini. Mengingat tujuan akan membuatmu kembali bersemangat dan merasa termotivasi untuk bekerja. Jika rasa malas menghalau, dapat segera mengatasinya dengan cepat.

Apabila belum memiliki tujuan hidup, rancanglah hal apa yang ingin dicapai. Baik dalam waktu singkat, menengah, maupun jangka panjang. Jangan biarkan diri bekerja tanpa tujuan. Karena alam semesta ini akan senantiasa membantumu untuk menggapai hal-hal yang menjadi tujuanmu.

Menjaga diri tetap fokus memang sedikit sulit, apalagi jika tidak adanya dukungan dari lingkungan sekitar. Misalnya, lingkungan yang terlalu ribut, suasana kerja yang kacau balau, dan rekan kerja yang tidak bisa diajak kerjasama.

Agar diri tetap fokus, ciptakanlah lingkungan yang kondusif selama berada di tempat kerja. Tegurlah karyawan yang kerap kali membuat keributan. Selain itu, jauhkan diri dari pengaruh gadget. Matikan suara smartphone dan non-aktifkan notifikasi dari semua sosial media yang dimiliki. Tetaplah fokus agar semua pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik.

  • Buat pengelompokan tugas yang berat dan ringan

Membuat spesifikasi kerja sangat membantu dalam menyelesaikan tugas. Anda bisa memilah mana tugas yang berat, mana pula tugas yang ringan. Sewaktu menyelesaikannya, lebih baik mengerjakan tugas ringan terlebih dahulu. Setelah itu, barulah beralih ke tugas yang lebih berat.

Dalam hal ini, jangan lupakan deadline atau batasan waktu pengumpulan tugas kantor. Jika tugas berat akan segera dikumpulkan, fokuslah untuk mengerjakan tugas berat tersebut. Setelah itu, kembalilah untuk mengerjakan tugas yang ringan.

bagi sobat yang sedang merasakan jenuh saat bekerja yuk ikuti salah satu seminar, workshop, pelatihan yang ada di ASB.INDONESIA agar sobat selalu termotivasi untuk selalu semangat kerja dan meningkatkan kulitas kerja sobat.

Exit mobile version