19 Oct 2022

Apa Sih Itu Lingkungan Kerja ?

Apakah ada di antara sobat yang masih belum tahu apa itu lingkungan kerja? jenis jenis lingkungan kerja? atau faktor faktor yang dapat mempengaruhi lingkungan kerja?

Yuk, simak sedikit ulasan tentang lingkungan kerja di bawah ini

Pengertian lingkungan kerja


Menurut Sondang P. Siagian dalam bukunya “Manajemen Sumber Daya Manusia” disebutkan bahwa lingkungan kerja adalah keadaan fisik dimana seseorang melakukan tugas kewajibannya sehari-hari termasuk kondisi ruang yaitu baik dari kantor maupun pabrik.

lingkungan kerja adalah segala hal yang berhubungan dengan aktivitas karyawan di dalam kantor.

Hal tersebut mulai dari budaya perusahaan, lingkungan fisik, hingga fasilitas-fasilitas pendukung, seperti asuransi kesehatan, parkir, dsb.

Jenis-jenis lingkungan kerja

Secara garis besar kenis jenis lingkunga  kerja terbagi menjadi 2 jenis fisik dan non fisik.

  1. Lingkungan Fisik

Lingkungan kerja fisik adalah semua keadaan di sekitar tempat kerja yang berbentuk fisik. Faktor fisik tersebut meliputi setiap hal dari mulai fasilitas parkir di luar gedung perusahaan, lokasi dan rancangan gedung sampai jumlah cahaya dan suara yang menimpa meja kerja atau ruang kerja seorang karyawan. Lingkungan kerja fisik dapat dibagi menjadi dua kategori berdasarkan medianya yaitu:

  • Lingkungan yang langsung berhubungan dengan karyawan. Hal ini bisa berupa ruangan kerja, kursi, meja dan sebagainya.
  • Lingkungan yang tidak langsung memengaruhi kondisi manusia. Contohnya adalah temperatur, kelembapan, sirkulasi udara, pencahayaan, kebisingan, bau tidak sedap, warna, dan lain-lain.

Lingkungan fisik amat terkait dengan tempat kerja atau aktivitas untuk setiap pegawai. Oleh karena itu, lingkungan fisik memengaruhi semangat dan emosi para karyawan. 

2. Lingkungan Non Fisik

Lingkungan nonfisik adalah semua keadaan yang berkaitan dengan hubungan antarkaryawan. Misalnya, hubungan dengan atasan maupun dengan sesama serta bawahan.

Lingkungan kerja non fisik ini tidak bisa diabaikan begitu saja. Perusahaan hendaknya dapat mencerminkan kondisi lingkungan kerja yang mendukung kerja sama antar tingkat atasan, bawahan maupun yang memiliki status jabatan yang sama. Kondisi lingkungan kerja yang diharapkan adalah suasana kekeluargaan, komunikasi yang baik, memberikan jaminan rasa aman, sehat, dan sejahtera, bebas kecelakaan kerja dan penyakit.

Faktor- faktor yang mempengaruhi lingkungan kerja

  1. Penerangan cahaya

Penerangan atau cahaya berpengaruh amat besar terhadap kenyamanan di kantor. Oleh sebab itu, banyak perkantoran yang membuat jendela besar dengan sekat antarjendela yang tipis. 

Meski demikian, penerangan atau cahaya juga tidak boleh terlalu besar atau kecil. Apabila terlalu besar, hal tersebut akan berdampak buruk karena terlalu menyilaukan.

Sementara, apabila terlalu kecil, akan membuat pencahayaan jadi minimal.

b. Temperatur ruangan

Temperatur yang nyaman akan membuat karyawan bekerja dengan nyaman dan mampu menghasilkan output sesuai dengan yang diharapankan

c. Tata ruang

Tata ruang atau penataan ruangan yang ada di dalam ruang kerja akan memengaruhi kenyamanan karyawan dalam bekerja.

d. Kebersihan lingkungan kerja

Lingkungan kerja yang bersih dapat mempengaruhi semangat dan kegairahan kerja. Bagi seorang karyawan, lingkungan kerja yang bersih akan menimbulkan rasa senang. Dan rasa senang ini dapat mempengaruhinya semangat bekerja. 

e. Tingkat kebisingan

Tingkat kebisingan lingkungan kerja sangat mempengaruhi hasil kerja dari karyawan, karena dengat tingat kebisingan yang terlalu menganggu akan membuat karyawan tidak fokus dan membuat kurangnya tingkat kualitas kerja.

f. Aroma ruangan

Bau-bauan yang terlalu menyengan akan mengganggu kenyamanan karyawan sehingga akan mempengaruhi konsentrasi dan kinerja karyawan.

g. Keamanan

Rasa aman yang dirasakan oleh karyawan akan membuat karyawan nyaman dan semangat dalam bekerja. Karyawan tersebut akan berkonsentrasi dan tidak dibebani dengan pikiran mengenai keamanan saat bekerja, sehingga akan menghasilkan output yang tinggi

h. Hubungan sesama karyawan

Ketika hubungan sesama karyawan baik maka karyawan akan nyaman ketika bekerja sehingga dapat menghasilkan output yang tinggi. Begitu pula sebalinya.
Itulah ulasan mengenai pengertian lingkungan kerja dan faktor yang berpengaruh terhadap kondisi lingkungan kerja. Lingkungan kerja yang nyaman bagi karyawannya tentunya dapat meningkatkan kinerja. Sebaliknya lingkungan kerja yang tidak memadai akan dapat menurunkan kinerja dan akhirnya menurunkan motivasi kerja karyawan.

Sobat, Di ASB INDONESIA kamu bisa mendapatkan seminar, pelatihan, training yang berkaitan dengan lingkungan kerja sobat tentunya, salah satunya bisa mengikuti training Motivation At Work For Produktivity yang akan dipandu langsung oleh The Great Motivator & trainer In Indonesia.

Exit mobile version