24 Nov 2022

Sudah Tahu Cara Meningkatkan Produktivitas ?

Produktivitas merupakan faktor fundamental yang mempengaruhi kemampuan bersaing dalam suatu perusahaan. Keberhasilan sebuah tim biasanya terletak pada kepuasan konsumen dan karyawan yang bekerja dengan baik. Karena jika konsumen dan karyawan merasa puas dengan apa yang didapatkan, dan melakukan yang terbaik maka akan menguntungkan bagi perusahaan. Hal ini membuat pesatnya perkembangan perusahaan. Karyawan merupakan sumber daya manusia yang memegang peranan penting dalam mencapai tujuan perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan harus memberikan hal-hal positif agar karyawan menjadi lebih produktif. So, yuk simak artikel di bawah ini untuk mengetahui cara meningkatkan produktivitas perusahaan!

Memberikan Training atau Pelatihan

Perusahaan dapat meningkatkan produktivitas perusahaan dengan mengadakan pelatihan atau memfasilitasi keikutsertaan dalam pelatihan yang diselenggarakan oleh pihak eksternal. Hal ini dilakukan agar kualitas sumber daya manusia/pegawai dapat ditingkatkan sehingga dapat meningkatkan produktivitas perusahaan.

Training/pelatihan akan membuat karyawan mendapatkan banyak pengetahuan baru yang kemudian dapat diterapkan pada perusahaan. Hal ini juga membuktikan bahwa perusahaan juga memberikan kesempatan kepada karyawannya untuk berkembang.

Pemantauan dan Evaluasi Berkala

Melakukan pemantauan dan evaluasi karyawan secara berkala merupakan salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan produktivitas perusahaan secara keseluruhan. Hal ini dapat diterapkan oleh perusahaan agar selalu update mengenai kinerja karyawan sehingga jika ada karyawan yang menyimpang dari tujuan perusahaan dapat langsung diarahkan oleh atasan.

Fokus pada Strategi dan Sasaran Perusahaan

Tips terakhir adalah fokus pada strategi dan tujuan perusahaan. Sehingga segala upaya yang dilakukan tetap sejalan dengan tujuan yang telah ditetapkan perusahaan sebelumnya.

Hindari Gangguan Berlebihan!

Seorang pakar produktivitas bernama Robby Slaugther berpendapat. Cara paling efektif untuk meningkatkan produktivitas adalah meminta pertanggungjawaban karyawan atas waktu dan sumber daya mereka. Anda dapat belajar untuk memberikan kontrol kepada karyawan. Biarkan karyawan Anda bertanggung jawab atas pekerjaan mereka sendiri. Pemimpin yang terlalu banyak ikut campur akan membuat karyawan tidak percaya dengan potensi diri sendiri. Hal ini tentunya akan menyebabkan penurunan produktivitas kerja.

baca juga : KENAPA TEAM WORK PENTING UNTUK PERUSAHAAN

Menciptakan Budaya Transparan dan Ramah Kritik

Saat menjadi pemimpin, biasanya seseorang sulit menerima kritik atau mengakui kesalahan. Padahal, berbuat salah adalah fitrah manusia. Cara termudah untuk menciptakan budaya yang transparan dan ramah kritis di antara karyawan adalah dengan mengakui kesalahan. Akui jika Anda melakukan kesalahan, dan jangan malu menerima kritik atau saran. Karena inilah awal dari sifat kejujuran dan keterbukaan.

Kenali karyawan Anda

Agar mendapatkan hasil yang maksimal bagi perusahaan, luangkan waktu untuk mengenal lebih baik karyawan Anda. Menampung berbagai macam minat, kemampuan, dan aspirasi yang mereka miliki. Mengenal kehidupan mereka akan memberikan dampak yang sangat positif. Dengan mengenal karyawan lebih dekat, Anda dapat menemukan keterampilan atau kemampuan yang belum mereka gunakan secara maksimal. Karyawan akan merasa lebih dipahami dan dihargai, hubungan Anda akan lebih baik, dan itu akan membuat mereka ingin menjadi karyawan yang lebih produktif di kantor.

Sobat, Di ASB INDONESIA kamu bisa mendapatkan seminar, pelatihan, training yang berkaitan dengan motivasi untuk karyawan maupun pimpinan perusahaan.  Sobat tentunya, salah satunya bisa mengikuti training Motivation At Work For Produktivity yang akan dipandu langsung oleh The Great Motivator & trainer In Indonesia.