05 Nov 2022

Kenapa Team Work Penting Untuk Perusahaan

Team Work merupakan proses bekerja secara kolaboratif dengan sekelompok orang untuk mencapai suatu tujuan.Teamwork berarti bahwa orang akan mencoba untuk bekerja sama, menggunakan keterampilan individu mereka, dan memberikan umpan balik yang konstruktif, meskipun ada konflik pribadi antar individu.

Berikut 7 hal yang penting untuk meningkatkan kualitas Teamwork

1. Pilih Tim Kerja Berkualitas Untuk Membangun Team Work yang Bagus

Memilih tim kerja yang berkualitas menjadi dasar untuk membangun team work yang solid.

Mulailah dengan cara memilih team leader dengan jiwa kepemimpinan yang baik.

Kemudian, pilih tim manajemen dengan pandangan bisnis yang luas dan memiliki ide-ide kreatif.

Bentuk tim pelaksana yang memiliki pengetahuan tentang bisnis, ataupun tim marketing yang memiliki strategi pemasaran tepat.

Dengan tim kerja yang berkualitas seperti itu, maka semua tim yang telah dibentuk dapat saling mendukung dan berjalan bersama untuk mencapai target bisnis yang diinginkan.

2. Membangun Rasa Kebersamaan dan Saling Percaya agar Mendapatkan Kualitas Teamwork yang Bagus

Kunci dari menciptakan tim kerja yang solid adalah rasa kebersamaan dan saling percaya antar anggota tim. Cara yang dapat dilakukan adalah memulai untuk saling berbagi kepada rekan satu tim dalam hal apapun, baik suka maupun duka.

Hilangkan rasa curiga antar rekan satu tim dan mulailah untuk mengerjakan sesuatu bersama-sama. Team leader bisa mengajak tim makan atau keluar bersama sesekali untuk membuat tim lebih dekat dan akrab.

3. Untuk Mendapatkan Kualitas Team work dengan Menjaga Sikap Saling Menghargai

Sikap saling menghargai perlu ditanamkan pada setiap karyawan sejak saat rekruitmen tim dilakukan.

Khususnya pada hal-hal yang bersifat kepentingan personal dan mendesak, setiap anggota tim sebaiknya dapat memahami dan menghargai kepentingan tersebut.

Dengan catatan, hal itu tidak mengganggu kinerja tim dalam menyelesaikan suatu project.

Selain itu, sikap saling menghargai juga perlu diterapkan pada hal-hal seperti, mendengar pendapat orang lain, menghargai perbedaan sifat atau cara kerja, dan sebagainya.

4. Salah Satu Cara Menjaga Kualitas Teamwork dengan Membuat Flow Komunikasi Efektif

Tidak akan ada kerja sama yang berjalan baik tanpa didasari oleh komunikasi yang baik.

Alur komunikasi yang berjalan efektif akan menjadi salah satu faktor untuk menjaga tim yang kompak.Kunci dari komunikasi efektif adalah pesan dapat tersampaikan dan diterima dengan baik antar rekan satu tim.

Pada era perkembangan teknologi saat ini, hal tersebut dipermudah dengan penggunaan aplikasi seperti Line, Whatsapp, Skype, Zoom, Slack yang memungkinkan karyawan membentuk grup kecil berdasarkan project yang dikerjakan.

Sehingga komunikasi bisa berjalan jauh lebih efektif walaupun setiap anggota tim tidak berada pada satu tempat yang sama

5. Sering Melakukan Evaluasi jadi Cara Membangun Tim Kerja yang Baik

Masalah dan konflik bukan menjadi hal yang mustahil terjadi dalam sebuah team work.

Hal tersebut bisa muncul karena berbagai faktor, seperti rasa tidak percaya, saling bersaing, dan lain sebagainya. Namun hal tersebut tentu akan sulit untuk diukur.

Oleh karena itu, cara terbaik untuk mencari tahu adalah dengan melakukan evaluasi kinerja dari ekspetasi dan tujuan tim.

Baca juga: Pelatihan tingatkan Team work

Jangan lupa untuk meminta feed back anggota tim untuk mengukur pencapaian kinerja.

Setelah mendapatkan hasil dari evaluasi tersebut, team leader bisa mengetahui masalah dan mencari solusi yang tepat untuk memperbaikinya.

6. Definisikan Peran dan Delegasikan Tugas

Penting bagi perusahaan sebelum membentuk sebuah tim kerja untuk memberikan penjelasan mengenai tanggung jawab dan peran tugas masing-masing individu.

Kejelasan peran menjadi hal yang penting bagi kesuksesan tim ke depan.

Bila masing-masing individu saling mengerti tugas dan tanggung jawabnya secara baik, maka akan sangat membantu dalam membangun team work yang solid dan kolaboratif.

Dalam menjelaskan peran dan mendelegasikan tugas, jangan lupa untuk selalu memberikan support dan motivasi kepada tim

7. Salah Satu Tips Menjaga Kualitas Team Work Adalah Dengan Membuat Kegiatan di Luar Kantor

Seperti yang dijelaskan di poin sebelumnya, membangun rasa kebersamaan dan saling percaya serta team work yang solid dapat diwujudkan dengan membuat kegiatan bersama tim di luar kantor.

Baik itu dilakukan atas inisiatif sendiri maupun diadakan oleh perusahan Agar lebih memahami karakter dan kepribadian yang mungkin berbeda satu sama lain, menjadwalkan kegiatan di luar kantor sesekali menjadi hal yang penting dilakukan.

Kegiatan ini akan memberikan tim kerja cara berbeda untuk berinteraksi, menciptakan suasana santai dan membangun lebih banyak chemistry antar rekan satu tim secara pribadi di luar pekerjaan. Tentu hal tersebut akan meningkatkan produktivitas dalam bekerja.