24 Nov 2022

Turnover Karyawan, Ketahui Penyebabnya ?

Apa itu Turnover karyawan?

Turnover Karyawan atau tingkat aktivitas pergantian karyawan dalam suatu perusahaan disebabkan oleh faktor penentu pergerakan karyawan tersebut baik secara sukarela maupun tidak sukarela.

Berikut adalah beberapa faktor penyebab turnover karyawan :

1. Faktor usia

Karyawan yang lebih muda lebih mungkin untuk meninggalkan perusahaan. Tingkat turnover yang cenderung tinggi pada pegawai muda biasanya karena pegawai tersebut masih memiliki keinginan untuk mencoba pekerjaan lain.

2. Masa kerja

Perputaran lebih sering terjadi pada karyawan yang masa kerjanya lebih pendek. Interaksi dengan usia dan kurangnya sosialisasi dini merupakan kondisi yang memungkinkan terjadinya pergantian.

3. Terlalu banyak beban kerja

Tampaknya wajar bahwa dalam periode tekanan ekonomi, perusahaan meminta karyawan untuk mengambil tanggung jawab ekstra. Sebagian besar perusahaan akan meminta karyawan untuk mengisi waktu luangnya dengan lembur bahkan hari libur.

Hal ini tentunya akan menyulitkan untuk membagi waktu antara kehidupan kerja dan kehidupan pribadi mereka.

Baca Juga : Prestasi Yang Diraih Dedi Vitra Johor

4. Gaji lebih rendah dari beban

Kepuasan kerja karyawan dianggap sebagai salah satu alasan karyawan berhenti bekerja. Namun, persepsi karyawan tentang perlakuan tidak adil dalam hal kompensasi atau gaji merupakan penyebab yang lebih kuat.

5. Faktor lingkungan

Lokasi dan lingkungan kerja yang menyenangkan akan menarik bagi karyawan dan sebaliknya. Termasuk hubungan atasan dan bawahan juga bisa menyebabkan perputaran karyawan semakin parah karena hubungan yang kurang baik.

6. Memberikan tanggung jawab yang tidak pantas

Mencari karyawan perusahaan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan bukanlah perkara mudah. Namun, memaksakan kesesuaian antara tujuan perusahaan dan keterampilan karyawan yang jelas-jelas tidak sesuai dengan budaya atau nilai perusahaan juga dapat berdampak buruk bagi perusahaan.

Baik perusahaan maupun karyawan yang memaksakan kesesuaian karyawan untuk menempati posisi yang tidak sesuai dengan dirinya akan menjadi tekanan bagi karyawan dan perusahaan itu sendiri.

Pergantian karyawan tidak dapat dihindari meskipun perusahaan berkomitmen penuh untuk menciptakan lingkungan kerja yang baik dan nyaman. Tentu masih ada karyawan yang mungkin mengundurkan diri dari perusahaan. Apabila perusahaan tidak cepat dalam mengatasi masalah pergantian karyawan, maka akan membuat produktivitas perusahaan cepat menurun karena akan memecah fokus dan konsentrasi karyawan dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya.

Di ASB INDONESIA kamu bisa mendapatkan seminar, workshop ataupun pelatihan yang dapat meningkatkan produktivitas karyawan agar tidak terus terus terjadi turnover karyawan menurun yang nantinya akan merugikan perusahaan. Di ASB INDONESIA nantinya kamu akan di pandu oleh pelatih yang profesional, handal dan berpengalaman dibidangnya yang akan menjamin kemajuan untuk produktivitas perusahaan.