02 Dec 2021

Skill Yang Harus Di Miliki Sales Team Anda

Hallo sobat dahzyat…

Seiring dengan perkembangan zaman dunia bisnis semakin berkembang pesat dan disukai oleh semua orang, Sehingga banyak yang beralih profesi jadi pelaku usaha. Apakah anda salah satunya?

Dan ada satu hal penting yang harus anda tahu, dalam berbisnis asset jadi poit penting dalam berjalannya bisnis. Nah, salah satu asset yang jadi nadi sebuah bisnis adalah seorang sales team. Dimana kinerja sales team ini jadi penentu profit dan keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan. Maka dari itu anda harus punya sales team yang selalu semangat dan punya motivasi dalam bekerja.

Selain itu langkah lain yang bisa dilakukan sebagai pimpinan perusahaan untuk tingkatkan kinerja sales team dengan berikan pelatihan motivasi kerja ini bertujuan agar anda sebagai sales punya ketrampilan-ketrampilan khusus dibidang marketing.

Selain itu skill ini juga harus dimiliki oleh sales team anda jika ingin capai goals dan target yang telah ditetapkan :

  • Obrolan ringan

Skill awal yang harus dimiliki oleh sales team adalah small talk (obrolan ringan). Kenapa demikian, tujuan anda kan untuk sales? Memang benar tujuan utama anda sales tapi cobalah untuk buat suasana nyaman terlebih dahulu. Jika anda hanya berbapatokan pada sales maka calon konsumen anda akan kurang nyaman, bahkan mungkin tidak tertarik dan akhirnya anda ditolak.

Tapi, ketika suasana sudah nyaman yang dimulai dari pertanyaan-pertanyaan ringan yang tidak mengganggu mereka. Misalnya setelah berkenalan lontarkan sedikir pujian yang akan buat mereka nyaman, seperti tasnya bagus ya bu, beli dimana bu? Tapi jangan sampai sesekali anda sentuh tanpa izin barang yang dipuji. Selain itu berikan gestur dan ekspresi yang berikan kesan jika anda benar-benar memperhatikan. Ini akan berikan kesan atau rasa dihargai. Nah secara otomatis mereka akan berikan respon yang baik juga.

  • Gunakan teknik 3F+1O

Apa itu 3F+1O? Sebagai seorang sales team anda harus punya skill ini, dimana ketika pembicaraan dan obrolan mulai temukan jalan buntu maka cobalah pakai rumus ini untuk lanjutkan percakapan. 3F (family, friend, favorite) + 1O (Accuption/pekerjaa). Jika cara ini yang anda gunakan dijamin anda tidak akan habis bahan percakapan.

  • Ciptakan kepercayaan

Point yang sering jadi kendala dalam dapatkan konsumen yakni dari segi kepercayaan. Apakah benar begitu? Lalu kenapa seperti itu? Sebab yang jadi kendala terbesar susah dapatkan kepercayaan konsumen ini adalah takut ditipu.

Hal ini karena maraknya penipuan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Sehingga merugikan banyak orang yang berdampak pada sales team lainnya. Tapi anda tidak perlu khawatir akan selalu ada peluang jika anda ingin berusaha. Disinilah skill anda untuk yakinkan calon konsumen berperan penting. Hal yang bisa anda lakukan ketika calon konsumen belum percaya cobalah untuk pancing keinginan dan kepercayaan mereka dengan gunakan nam brand besar yang anda bawa.

  • Bangun data prospek

Sebagai sales team data prospek sangat penting, jika anda tidak punya data prospek maka kinerja anda tidak akan berkembang dengan baik, bahkan anda bisa dikalahkan oleh para competitor lainnya. Maka dari itu anda sebagai sales team harus dibekali keterampilan dalam kumpulkan data prospek dan pelanggan. Seiring perkembangan zaman dan digitalisasi data prospek bisa anda peroleh via grup WA, fb, dan soasial media lainnya. Inilah yang disebut marketing milenial, bisa manfaatkan kemajuan teknologi.

  • Follow up konsumen dan calon konsumen

Sebagai seorang sales team tentu anda akan temukan berbagai kendala, seperti rasa keberatan dari calon konsumen. Nah, sebagai sales team anda harus bisa hadapi semua itu, dengan gunakan teknik komunikasi.

Anda juga bisa dapatkan ilmu yang berkaitan dengan sales pada pelatihan Motivation for Sales Team dari ASB Indonesia. Tentunya akan dipandu oleh mentor yang sangat berpengalaman dibidang motivasi. Anda juga bisa hubungi kami untuk konsultasi cukup dengan klik tombol whatsapp dipojok kanan bawah.