25 Feb 2022

Mulai Berbisnis Dari Nol Hingga Sukses Capai Nilai 100

Hallo sobat dahzyat…

Anda pernah tidak mendengar hal ini “Kita mulai dari nol ya bapak/Ibu” ya benar dipom bensin. Nah ini bukan hanya berlaku untuk pengisian bahan bakar saja sobat. Tapi juga berlaku bagi bisnis. Sebab seperti yang diketahui tidak ada yang benar-benar instan didunia ini, bahkan mie instan sekalipun harus direbus dulu baru bisa anda nikmati, bukan begitu sobat dahzyat J

Tapi apa mungkin bisnis yang dimulai dari nol akan bisa capai pada tahap 100%? Tentu saja bisa, ibarat pepatah “Dimana ada kemauan disitu ada jalan”. Ketika anda berusaha dengan maksimal maka hasil yang anda dapatkan juga akan maksimal.

Tapi dalam berbisnis tentu ada jatuh bangun bukan? bagaimana jika bisnis yang dibangun dengan susah payah dari Nol ini alami hal yang demikian?

Jangan khawatir sobat dahzyat, jatuh bangun dalam berbisnis itu adalah hal biasa, maka dari itu anda harus lakukan perencanaan bisnis dengan matang. Selain itu anda juga harus siapkan mental anda sebagai pebisnis, jangan mudah menyerah, jangan takut gagal, terus semangat dan wujudkan impian anda.

Bukan hanya itu saja sobat dahzyat berikut juga ada beberapa cara yang bisa anda terapkan dalam bangun bisnis dari nol :

  • Dasar bisnis harus dipersiapkan

Ketika anda memulai dari 0% maka hal yang harus anda persiapkan dari bisnis yakni dasar bisnis, apa saja itu dasar bisnis? Nah, agar bisnis anda bisa terarah saat persiapan dasar anda harus tahu tujuan dari bisnis anda apa, visi misi bisnis anda apa, selain hanya sekedar cuan semata. Ini bertujuan agar bisnis yang anda jalankan nantinya bisa lebih terarah dan jelas saat proses branding.

  • Buat rencana bisnis dengan matang

Kenapa anda harus rencanakan bisnis dengan matang? Sebab apabila suatu hari menghadapi masalah anda dengan mudah akan bisa cari jalan keluar dari masalah itu. Bukan hanya itu dengan rencana bisnis yang matang, maka gambaran bisnis anda akan lebih jelas sebelum dieksekusi.

Hal yang harus persiapkan dengan matang yakni :

  1. Bisnis Plan
  2. Hitung modal
  3. Lakukan riset pasar
  4. Tentukan target pasar anda siapa saja
  5. Bangun strategi bagaimana agar setiap target konsumen anda bisa mengetahui bisnis anda, mengenal produk, dan melihat produk anda dan pada akhirnya mereka beli produk anda.
  6. Ketaui competitor anda siapa saja, cari informasi plus minus produk anda dengan mereka, tapi ini bukan maksud untuk bersaing secara negative ya. Tapi tujuannya agar anda bisa mengembangkan usaha anda nantinya.
  7. Pastikan anda bekerja sama dengan supplier yang terpercaya
  8. Buat alur produksi
  9. Rencanakan promosi
  • Maksimalkan branding

Strategi yang bisa anda lakukan saat ini yakni agar dengan mudah target konsumen anda mengenal produk anda yakni dengan go online, kenapa demikian sebab dengan kemajuan teknologi saat ini semua dengan mudah diakses dimana saja dan kapan saja, selain itu bertujuan agar produk anda familiar dikalangan target konsumen anda. Langkah yang bisa anda maksimalkan dalam branding ini buat logo khas, buat website, integrasikan ke akun ecommerce, selain itu anda juga harus maksimalkan social media.

  • Produksi sekarang juga

Hal yang harus anda lakukan ketika anda sudah memulai untuk produksi, maka anda harus bisa pertahankan kualitas produk. Jangan sampai anda mengecewakan konsumen anda nantinya dengan kualitas yang tidak memuaskan.

  • Manfaatkan setiap peluang

Anda mungkin sudah tahu kalau dalam dunia bisnis ini yang namanya jatuh bangun itu sudah sangat familiar bukan. maka dari itu untuk mempertahankan bisnis anda, anda harus bisa memanfatkan berbagai peluang yang ada, misalnya pada momen event atau perayaan tertentu. Dimana anda bisa kenalkan produk anda pada calon konsumen anda.

Nah, bukan hanya itu saja anda juga bisa dapatkan ilmu terkait business plan pada pelatihan, seminar dan workshop. Salah satunya dari ASB Indonesia dimana anda bisa mengikuti pelatihan Business Map Solution untuk merancang bisnis yang anda impikan. Tentunya anda akan dipandu oleh mentor yang sangat luar biasa dan tentunya berpengalaman dalam bidangnya.