25 Nov 2022

Jadi Sales sukses? Pemimpin perusahaan perlu tahu ini

Anda mungkin pernah berpikir sebelumnya bahwa wiraniaga yang sukses adalah bakat alami. Namun, pada kenyataannya ini tidak benar. Sales sukses telah membuktikan teknik yang membutuhkan waktu dan pengetahuan untuk dipelajari berulang kali.

Penjualan adalah gambaran kegiatan menjual barang atau jasa. Bisa dipastikan, setiap perusahaan memiliki tim penjualan yang bertanggung jawab atas penjualan. Menjadi seorang salesman yang sukses adalah impian semua sales sukses, namun tidak mudah untuk menjadi seorang sales sukses. Tapi kalau mau belajar dan sungguh sungguh, proses tidak akan menghianati hasil.

Berikut 9 teknik rahasia untuk mencapai target optimal:

1. Selalu tersenyum

Selalu tersenyum akan membuat orang disekitar kita lebih nyaman saat berbicara dengan kita. Jika Anda mengalami pagi yang buruk, simpan untuk diri Anda sendiri karena penelitian ilmiah menunjukkan bahwa memulai dengan komentar positif lebih bermanfaat bagi kita.

2. Gunakan bahasa tubuh yang tepat

Sebagai seorang profesional penjualan, Anda pasti akan berpikir dengan hati-hati dalam kata-kata yang Anda gunakan, tetapi Anda juga harus menggunakan bahasa tubuh yang tepat agar menarik. Satu studi dari Vanessa Van Edwards melakukan sesi pelatihan menggunakan bahasa tubuh untuk memperkuat pesan verbal. Studi ini menemukan bahwa penggunaan bahasa tubuh yang tepat lebih efektif dalam meningkatkan penjualan sebesar 56%.

3. Hubungi klien potensial di pagi atau sore hari

Seorang pembeli mungkin akan berada dalam suasana hati yang lebih baik jika wiraniaga menelepon pada waktu yang nyaman bagi mereka, seperti hal pertama di pagi hari atau di akhir shift mereka. Waktu yang tepat akan bervariasi menurut industri, sebaiknya menelepon biasanya antara pukul 08.00-09.00 dan antara pukul 16.00-17.00.

4. Jadwalkan panggilan

Sudahkah Anda menjadwalkan panggilan Anda? Riset ilmiah menunjukkan bahwa pembeli lebih responsif pada hari-hari tertentu dibandingkan hari lainnya. Senin dan Selasa tidak baik untuk panggilan telepon.

Hari terbaik untuk menelepon mungkin berbeda menurut industri. Jadi pastikan Anda melakukan riset untuk memahami hari kerja calon klien sebelumnya. Penelitian ini mengatakan bahwa pertengahan minggu adalah hari terbaik untuk menelepon.

5. Introvert? ekstrovert? Jadilah seorang ambivert

Jadi mungkin Anda berpikir bahwa orang ekstrover lebih cocok untuk penjualan karena Anda harus berbicara dengan banyak orang baru. Tapi itu tidak benar. Apakah seseorang introvert atau ekstrovert, mereka tidak sepenuhnya cocok untuk menjadi sales. orang yang tepat untuk menjadi tenaga penjualan adalah seorang ambivert.

Seorang ambivert adalah seseorang yang memiliki sifat introvert dan ekstrovert yang terpental di antara keduanya tanpa terikat pada satu atau yang lain. Misalnya, seorang ambivert mungkin lebih menikmati waktu mereka di sekitar orang rami, tetapi mereka juga merasa nyaman dan menikmati waktu mereka sendiri.

Ikuti Pelatihan atau Motivasi Untuk Menjadi Sales

6. Memiliki banyak pilihan

Berapa banyak pilihan yang akan Anda tawarkan kepada klien potensial? Klien biasanya lebih cenderung melakukan pembelian jika mereka merasa percaya diri, bugar, dan sesuai dengan yang mereka butuhkan. Dengan memiliki banyak pilihan yang ditawarkan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan klien tersebut, maka akan semakin meningkatkan keinginan klien untuk membeli produk atau menggunakan jasa kami.

7. Percaya diri

Meragukan diri sendiri akan merugikan diri sendiri dan menurunkan kualitas kerja penjualan Anda. Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kualitas penjualan Anda adalah dengan meningkatkan rasa percaya diri Anda.

8. Jadilah seperti konsultan atau ahli yang lebih dekat

Pakar secara alami berbakat di semua bidang penjualan, sementara konsultan cenderung berfokus pada mendengarkan pembeli mereka dan memecahkan masalah, sementara orang yang lebih dekat adalah pembicara konversi yang hebat.

Penjualan akan dikatakan profesional dan sukses jika mereka bisa menjadi lebih dekat, konsultan, dan memanfaatkannya.

9. Bertindak sebagai dokter

Sebagai manusia, kita cenderung lebih menyukai orang yang kita ajak bicara yang mengajukan pertanyaan mendalam, kecenderungan orang dalam situasi itu untuk lebih terbuka dan mau berbagi detail tentang diri kita sendiri.

Dalam kasus penjualan ini, penjual juga cenderung mengajukan pertanyaan yang lebih mendalam kepada pembeli. Mereka menciptakan pengalaman membeli yang lebih menyenangkan, sehingga membantu meningkatkan penjualan.

Jika kamu ingin menjadi sales yang sukses, handal dan profesional ikutilah berbagai seminar, pelatihan, training yang berkaitan dengan dunia marketing tentunya, salah satunya bisa mengikuti training Motivation for Sales Team dari ASB Indonesia yang akan dipandu langsung oleh The Great Motivator & trainer In Indonesia.