09 Dec 2022

FINANCE DAN ACCOUNTING DALAM BISNIS

Jika anda berprofesi sebagai akuntan atau anda orang yang paham dengan akuntansi tentu anda sudah tidak asing lagi dengan finance dan accounting. Sebab dua hal ini sanat berperan dalam arus jalannya sebuah bisnis. Selain itu hal yang harus anda ketahui sebagai pelaku usaha yakni dalam berbisnis hal yang penting bukan saja kondisi keuangan yang baik. Namun hal lain yang juga penting dalam bisnis yakni financial.

Financial ini juga berkaitan dengan keuangan tapi dalam financial anda akan tahu bagaimana cara kelola keuangan dan proses actual yang akan menghasilkan dana dari setiap transaksi perusahaan anda. Selain itu finance juga berhubungan dengan pengawasan, penciptaan, studi keuangan, perbankan, kredit, asset, investasi, dan liabiltas yang akan bentuk system keuangan.

FINANCE DAN ACCOUNTING DALAM BISNIS

Sedangkan financial akuntansi yakni akuntansi yang digunakan untuk lacak transaksi keuangan. Dimana ini mengarah pada klasifikasi, analisis, ringkas, dan catat transaksi keuangan seperti penjualan, utang dan piutang, dan akhirnya persiapan laporan keuangan.    

Nah, selain itu ada beberapa unsur yang terdapat dalam financial accounting ini , yakni :

  • Asset

Asset yakni semua sumber daya perusahaan yang punya nilai untuk memungkinkan perusahaan jalankan bisnis dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

  • Liabilitas

Liabilitas ini yakni kewajiban perusahaan untuk bayarkan sejumlah uang tertentu pada pihak eksternal maupun internal.

  • Ekuitas

Besarnya hak atau kepentingan pemilik perusahaan pada harta perusahaan.

  • Pendapatan

Pendapatan yakni uang yang anda dapatkan dari operasional perusahaan, misalnya penjualan barang maupun jasa.

  • Biaya

Biaya yakni uang yang dikeluarkan perusahaan untuk biayai operasional usaha.

Ikuti Workshop FINANCE FOR BUSINESS

Selain itu, peran dari financial accounting ini yakni, meningkatkan efisiensi, minimalkan human eror, tingkatkan akurasi dan bahkan kurangi biaya. Namun seiring kemajuan teknologi banyak dari perusahaan yang gunakan aplikasi atau software dalam pengaplikasian financial accounting ini, yang digunakan untuk :

1. Pembuatan laporan keuangan

Sebagai pelaku usaha tentu anda ingin punya laporan keuangan yang akurat bukan. nah, sering terjadi pada pelaku usaha yang gunakan cara manual dalam akuntansi terjadi yang namanya human error, bahkan juga membutuhkan waktu lama dalam pembuatan laporan keuangan. Nah, setelah adanya software keuangan bisa bantu anda dan dapat tingkatkan efisiensi, minimalkan human error, tingkatkan akurasi dan bahkan kurangi biaya.

2.Pengelolaan Utang Piutang

Selain itu juga bisa untuk catat hutang dan piutang secara akurat dan mudah, dan akan lebih jelas catatan yang berkaitan dengan tagihan dan faktur.

3.Keakuratan arus kas bisnis

Dengan laporan keuangan yang tercatat dengan baik menggunakan software keuangan yang efisien akan membantu anda prediksi pendapatan, keuntungan, biaya pengeluaran, hingga kerugian bisnis dipada depan. Sehingga akan bantu anda dalam atur dan alokasikan anggarannya. Selain itu estimasi arus kas yang baik juga akan mudahkan anda dalam cari investor.

4.Depresi asset secara otomatis

Selain itu juga bermanfaat untuk mudahkan anda hitung penyusutan asset tetap secara otomatis dan akurat. Dimana depresiasi asset tetap ini dapat dihitung dengan berbagai metode sesuai kebijakan perusahaan anda dan sesuai pajak dan standar akuntansi yang berlaku.

5.Rekonsiliasi bank

Nah, dengan adanya software atau aplikasi ini anda akan lebih mudah untuk cocokan transaksi saldo, kas, dengan konsisi akun bank anda. dan akan berikan rekomendasi transaksi yang cocok sesuai dengan nominal pada transaksi.

Untuk informasi selanjutnya Hubungi  Kami di +62811 6615 551 atau klik tombol WA dipojok kanan bawah untuk Konsultasi.