15 Oct 2022

5 Istilah Yang Digunakan Dalam Dunia Sales

Hallo Sobat Dahsyat…

Sales adalah istilah yang sering digunakan didunia jual beli baik untuk perusahaan jasa maupun perusahaan dagang. Sales juga perantara transaksi antara dua belah pihak antara penjual dan pembeli produk atau jasa yang ditawarkan.

5 istilah umum yang biasa digunakan dalam dunia sales :

  • Sales person (tenaga penjual)

Sales person adalah orang yang menentuikan apakah penawaran/diskusi yang dilakukan berhasil atau tidak karena mereka berhadapan dengan calon konsumen secara langsung. Ada dua tugas utama sales person, pertama mendatangkan kembeli baru. Kedua mempertahankan loyalitas pelanggan lama supaya selalu kembali membeli ulang produk perusahaan anda.

Sales person juga bisa dikenal dengan sebutan sales associate, seller, sales agent, telesales, costumer sales atau sales representative.

  • Prospek

Prosepek dalam sales adalah calon pelanggan yang dinilai memiliki potensi untuk melakukan pembelian produk atau jasa. Sales person akan menggunakan teknik pencarian pelanggan seperti warm call, menjangkau lewat email, penjualan melalui sosial media. Saat pelanggan tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan sales person akan menerapkan strategi sales closing yang berbeda untuk mengubah prospek menjadi pelanggan.

  • Deal

Deal atau kesepakatan dalam sales adalah istilah yang digunakan untuk mewakili produk atau jasa yang ingin dijual dan harga yang ditawarkan. Deal memiliki beberapa tahapan yang bervariasi tergantung pada bisnis, proses, produk, dan industrinya. 

  • Sales Pipeline

Dalam dunia sales, istilah sales pipeline akan sering Anda dengar dikarenakan istilah ini mengacu pada semua langkah proses penjualan, baik yang sudah maupun yang sedang berlangsung. Dengan adanya sales pipeline dengan visual yang terstruktur, tim sales lebih mudah mengawasi jumlah pembeli potensial, melihat progress calon konsumen sampai terjadinya transaksi, dan mendapatkan lebih banyak konsumen.

  • Sales Plan

Rencana penjualan menguraikan tujuan, sasaran, dan strategi untuk organisasi sales. sales plan ini mencakup rincian tentang target pelanggan, kondisi pasar, target pendapatan, harga, struktur tim, hingga menjabarkan taktik yang akan digunakan tim sales untuk mencapai tujuan mereka.

Salah satu hal yang membuat sales menjadi lebih semangat dalam mencapai sales goals adalah memberikan training dan coaching. Di ASB INDONESIA kamu bisa mendapatkan seminar, pelatihan, training yang berkaitan dengan dunia marketing tentunya, salah satunya bisa mengikuti training Motivation for Sales Team yang akan dipandu langsung oleh The Great Motivator & trainer In Indonesia.

Untuk informasi selanjutnya anda bisa hubungi kami di +62811 6615 551 atau klik tombol WA di pojok kanan untuk konsultasi.