08 Nov 2021

Mari Pahami Asset Tetap Tidak Berwujud Yang Sering Dilupakan Pelaku Usaha

Hallo Soba Dahzyat…

Apakah anda tahu dengan asset? Jika bahas asset apa yang terlintas dalam pikiran anda ? tentunya harta bukan, seperti uang, tanah, bangunan dan lain-lain.

Apakah benar begitu?

Namun hal yang harus anda ketahui jika ruang lingkup asset itu tidak hanya itu saja, tapi semua harta perusahaan yang bisa hasilkan keuntungan, maka disebut juga dengan asset.  Selain itu, hal penting yang harus anda ketahui, bahwa asset itu tidak hanya hal yang menghasilkan uang. Tapi karyawan juga termasuk asset perusahaan dimana karyawan juga berperan penting dalam bertumbuhan bisnis anda.

Nah, asset yang kita bahas itu termasuk asset tetap, tapi dalam dunia bisnis juga ada yang disebut dengan asset tetap tidak berwujud. Apa itu asset tetap tidak berwujud?

Sebelum masuk ke pembahan lebih lanjut anda sebagai pelaku usaha harus tahu apa itu asset, asset tetap dan asset tetap tidak berwujud. Kenapa demikian? Sebab semua asset ini akan mempengaruhi bisnis anda nantinya. Jika anda tidak tahu apa saja asset yang ada diperusahaan anda, maka anda belum berhasil jadi pengusaha. Tentu anda tidak ingin demikian bukan.

Selanjutnya, mari kita bahas apa itu asset tidak tetap tidak berwujud? Apakah sama saja dengan asset tetap atau sebaliknya?

Asset tetap tidak berwujud itu, yakni harta dari perusahaan atau bisnis anda yang tidak punya bentuk fisik. Bukan berarti ghaib ya

Asset tetap tidak berwujud ini tidak bisa dilihat secara kasat mata, tapi penting untuk kesuksesan bisnis anda. lalu apa saja yang termasuk asset tetap itu?

Nah, berikut beberapa contoh dari asset tetap tidak berwujud yang sering tidak disadari oleh pelaku usaha :

  • Hak cipta

Apa itu hak cipta? Ketentuan yang telah anda buat atas karya yang anda ciptakan. Dimana dengan hak cipta ini anda bisa punya hak untuk menunut orang yang menggunakan karya anda. namun anda juga bisa membagikannya atas persetujuan pihak-pihak tertentu.

  • Hak paten

Lalu apa itu hak paten? Hak paten ini hamper sama dengan hak cipta, dimana anda punya keistimewaan untuk pasarkan produk yang anda temukan tanpa ada gangguan dari pihak lain.

  • Goodwill

Goodwill yakni pengambilan alih sebuah perusahaan secara penuh dengan cara membelinya.

  • Trademark

Trademark ini adalah merk dagang yang anda miliki, dimana bertujuan untuk membedakan produk anda dengan yang lainnya.

Lalu apa bedanya dengan asset tetap, perbedaan keduanya terlihat jelas dari jangka waktu penggunaan, dimana asset tetap bisa anda lihat manfaatnya dari awal. Seperti uang yang anda gunakan untuk modal bisnis. Namun asset tetap tidak berwujud ini bisa anda rasakan manfaatnya dalam jangka panjang bahkan asset ini bisa anda tukarkan dengan uang.