30 Oct 2021

Standar Akuntansi Dalam Laporan Keuangan Pengusaha Wajib Tahu

Hallo sobat dahzyat…

Apakah anda tahu apa itu standar akuntansi?

Sebagai pelaku usaha tentu anda ingin punya usaha yang sehat bukan. nah, usaha yang sehat juga dipengaruuhi oleh standar akuntansi. Dimana jika perusahaan anda punya standar akuntansi yang baik, maka besar kemungkinan laporan keuangan perusahaan anda juga akan baik pula. Nah, maka dari itu jika anda punya laporan yang baik, tentunya anda akan punya usaha atau bisnis yang sehat juga.

Selain itu anda juga harus tahu standar akuntansi yang diterapkan di Negara kita Indonesia. Dimana standar akuntansi Indonesia mengacu pada aturan skala global yakni International Financial Reporting Standart.

Nah, untuk lebih jelasnya di Indonesia ada 4 standar akuntansi yang dibuat berdasarkan perkembangan bisnis. Selain itu yang harus anda ketahui standar akuntansi ini tidak hanya digunakan oleh pelaku bisnis saja tapi juga lembaga Negara. Tapi banyak dari pelaku usaha sekarang apalagi pemula belum paham dengan standar akuntansi Indonesia. Jangan khawatir bagi sobat dahzyat yang belum tahu kami akan jelaskan untuk anda.

Berikut empat standar akuntansi yang diterapkan di Indonesia :

  • PSAK-IFRS (pernyataan standar akuntansi keuangan internasional financial reporting)

Dimana standar akuntansi ini berlaku di Indonesia untuk penyusunan laporan keuangan, agar mudah paham sesuai kebutuhan pengguna laporan keuangan. Standar akuntansi ini dipakai biasanya oleh perusahaan terbuka yang punya akuntabilitas public, selain itu juga bisa digunakan oleh perusahaan bursa saham.

Selain itu informasi yang harus anda tahu sebagai pelaku usaha, yakni dimana Ikatan Akuntansi Indonesia memilih IFRS sebagai panduan standar akuntansi. Sebab Indonesia salah satu anggota Internasional Federation Of Accounting (IFAC). IFRS ada beberapa prinsi yang diterapkan yakni :

  1. Ada aplikasi standar sehingga anggota IFA punya komitmen untuk mengaplikasikan standar akuntansi yang telah ditetapkan.
  2. Laporan keuangan perusahaan sesuai dengan realita ekonomi perusahaan.
  3. Ada professional judgement untuk aplikasikan standar akuntansi.

Selain itu anda juga harus tahu jika IFRS ini bermanfaat untuk peningkatan laporan keuangan, dan berikan informasi di pasar modal.

  • Standar akuntansi – ETAP

Standar akuntansi ini untuk perusahaan yang tidak punya akuntabilitas public. Dimana laporan keuangan yang dibuat perusahaan bertujuan untuk umum dan rekan kerja perusahaan tersebut. Selain itu standar akuntansi ETAP ini jiga mempermudah perusahaan kecil dan pemula dalam penyusunan laporan keuangan sebab lebih sederhana.

  • Standar akuntansi syariah

Standar akuntansi ini tentu dari namanya anda sudah tau bukan, dimana memakai prinsip hukum syariah. Yang bisa digunakan oleh perusahaan syariah maupun non syariah. Standar akuntansi ini tetap mengarah pada akuntansi umum tapi menggunakan prinsip syariah sesuai dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), seperti menggunakan prinsip murabahah, musyarakah, mudharabah, salam dan istishna.

  • Standar akuntansi pemerintah

Dalam laporan keuangan untuk lembaga pemerintah berpedoman pada Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) DAN Laporan Keuangan Daerah (LKPD). Dimana laporan keuangan ini dibuat sebagai wujud transprasi, partisipasi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan.

Itulah beberapa standar akuntansi yang diterapkan di Indonesia, selain itu laporan keuangan ini juga bisa diselesaikan dengan mudah menggunakan software akuntansi.