22 Oct 2021

Pelaku Usaha Wajib Tahu Beda Laporan Keuangan Perusahaan

Hallo sobat dahzyat…

Pelaku usaha tentu sudah tidak asing lagi dengan laporan keuangan, bahkan laporan keuangan jadi pondasi utama dari sebuah bisnis. Seiring perkembangan zaman semakin banyak berdiri macam usaha di dunia bisnis baik itu perusahaan dagang, jasa dan manufaktur. Selain itu juga akan pengaruhi bentuk dari pencatatan laporan keuangan. baik itu perusahaan dagang, jasa dan manufaktur.

Tapi sebagian pelaku usaha terutama pemula masih belum bisa bedakan antara laporan keuangan perusahaan dagang, jasa, dan manufaktur. Nah, maka dari itu disini akan dijelaskan perbedaan laporan keuangan antara tiga perusahaan tersebut :

  • Perusahaan dagang

Perusahaan dagang termasuk perusahaan yang membeli barang untuk dijual kembali tentunya dengan tujuan peroleh keuntungan. Biasanya perusahaan dagang menjual barang yang diperoleh dari supplier. Contohnya toko, swalayan, distributor, dan lain-lainnya.

Selain itu, perusahaan dagang ini punya persediaan barang dagang. maka dalam laporan keuangan perusahaan dagang terdapat pembelian dan harga pokok penjualan (HPP). Selain itu juga ada karakteristik yang membedakan perusahaan dagang dengan jenis usaha lainnya, diantaranya :

  1. Kegiatan pembelian dan penjualan barang dagang
  2. Perusahaan dagang tidak melakukan proses produksi
  3. Pendapatan diperoleh dari hasil penjualan barang dagang
  4. Kegiatan akuntansi berpatokan pada perhitungan HPP untuk tentukan besar laba rugi perusahaan
  5. Beban operasional terdiri dari beban penjualan dan beban adminiatrasi
  • Perusahaan jasa

Perusahaan jasa ini yakni perusahaan yang sediakan produk jasa kepada konsumen untuk peroleh keuntungan atau laba. Misalnya perusahaan transportasi, komunikasi, pengiriman, insfrastruktur dan lain-lainnya. Dimana perusahaan ini tidak punya persediaan barang. Selain itu ada beberapa karateristik lain yang membedakan perusahaan jasa ini dengan jenis usaha lainnya yakni :

  1. Kegiatan usaha menjual jasa
  2. Tidak ada persediaan barang dalam bentuk fisik
  3. Penjualan jasa dilaporkan pada pendapatan jasa
  4. Dalam laporan keuangan laba rugi usaha diperoleh dari pendapatan jasa yang dikurangi beban operasional

Nah, selain itu yang harus anda tahu jika perusahaan jasa ini, perusahaan yang punya kegiatan produksi dan sediakan berbagai jenis layanan dengan tujuan berikan kenyamanan dan keamanan kepada konsumen yang butuh dengan pelayanan jasa tersebut.

  • Perusahaan manufaktur

Perusahaan ini adalah perusahaan yang beli bahan mentah lalu diubah jadi produk akhir untuk dijual untuk dapat keuntungan. Contohnya pabrik tekstil, elektronik, otomatis, makanan dan minuman, dan lain-lain. Berikut karakteristik dari perusahaan manufaktur yang membedakan dengan jenis usaha lain :

  1. Proses produksi atau proses pengolahan bahan baku kemudian hasilkan barang setengah jadi kemudian jadi barang jadi yang siap pakai
  2. Perusahaan manufaktur punya persediaan berupa, persediaan bahan mentah, bahan pembantu, produk setengah jadi, dan produk jadi
  3. HPP atau biaya produksi akuntansi perusahaan manufaktur yakni biaya yang dipakai untuk lakukan proses produksi.