11 Oct 2021

Kenapa asset penting bagi perusahaan anda?

Hallo sobat dahzyat…

Seberapa pentingkah  asset bagi perusahaan anda?

Seperti yang diketahui, asset sangat penting bagi setiap perusahaan.  Dan setiap perusahaan pasti punya asset baik berupa asset yang berwujud seperti tanah, bangunan, perlengkapan  atau asset tidak berwujud seperti  saham, hak cipta, merek.

Lalu kenapa penting menjaga asset bagi perusahaan anda?

Nah, berikut kami akan jelas seberapa pentingnya asset bagi perusahaan :

  • Meningkatkan keamanan

Dengan manajemen yang baik maka anda akan bisa hindari resiko kehilangan asset perusahaan. Sebab dengan keamanan yang baik maka asset perusahaan anda akan tersimpan dengan baik.

  • Menghindari pembelian berlebihan

Kenapa asset penting bagi perusahaan sebab akan dapat menghindari pembelian hal yang tidak diperlukan. Tanpa adanya manajemen asset yang baik maka anda akan kesulitan untuk menentukan prioritas sebuah barang.

  • Memonitor penyusutan asset

Penyusutan salah satu risiko atas penggunaan asset tetap, dimana asset tersebut akan alami penyusutan, mulai dari fungsi hingga nilainya. Nah, maka dari itu dengan manajemen asset maka anda akan lebih mudah dalam memonitor terkait penyusutan.

  • Mempermudah pembuatan anggaran

Manajemen asset akan permudah anda untuk lakukan perencaan terkait pendanaan asset, seperti dana pembelian atau kontruksi, pemeliharaan asset, hingga dalam penghapusan asset anda.

  • Menjaga nilai asset

Selain itu, dengan and lakukan manajemen asset maka nilai asset anda akan lebih tejaga dimana nilai asset yang anda miliki akan tetap tinggi dan punya usia asset yang panjang. Selain itu juga terhindar dari kerusakan asset.

Dan yang harus anda ketahui untuk jaga nilai asset perusahaan anda harus sediakan biaya operasional untuk hasilkan output yang tinggi sesuai dengan tujuan perusahaan anda.

Nah, itulah beberapa alas an kenapa pentingnya untuk jaga asset perusahaan anda. Selain itu ada beberapa tips untuk anda agar bisa lakukan manajemen asset dengan baik :

  1. Buat jadwal Arus kas perusahaan anda ( kas masuk dan keluar )
  2. Lakukan monitor asset dengan baik ( revaluasi asset )
  3. Optimalisasi asset perusahaan anda
  4. Lalu optimalisasi investasi