22 Oct 2021

Cek Kesehatan Bisnis Anda Sebelum Terlambat

Hallo sobat dahzyat…

Punya bisnis yang sehat tentu jadi dambaan semua orang. Namun coba anda bayangkan jika bisnis tersebut terus merugi, keuangan tidak jelas, hutang tidak mampu dibayarkan dan piutang sulit dibayar. Tentu perusahaan anda dalam kondisi bahaya bukan? bahkan hal ini juga bisa membuat perusahaan anda berada diambang kebangkrutan.

Anda harus hati-hati jangan sampai hal ini terjadi pada bisnis anda.

Lalu tahukah anda apa tanda bisnis anda sedang dalam kondisi berbahaya? Seperti yang dikatakan Mr. Dedi Vitra Johor “Ibarat mobil dalam kondisi tidak sehat  dapat di cek didashboarnya. Bagaimana olinya, minyaknya, suhu dan sebagainya.  Begitu juga didalam bisnis, tanda tanda ini dapat di ukur salah satunya gunakan analisa ratio keuangan”.

Lalu bagaimana cara agar anda bisa tahu apakah bisnis anda berada dalam kondisi sehat?

Nah, berikut beberapa tanda bisnis dalam kondisi sehat. Maka dari itu yuk cek bisnis anda sekarang juga sebelum terlambat :

  • Bisnis bebas dari hutang

Banyak dari pelaku bisnis pemula ataupun yang sudah lama berkecimpung dalam dunia bisnis. Dirikan bisnis dari modal yang dipinjam ke Bank atau pihak lain, sebab anda butuhkan biaya lebih untuk biayai bisnis anda. hal ini memang sangat normal terjadi didunia bisnis. Seiring perkembangan bisnis, maka anda akan mulai lunasi modal yang anda pinjam. Nah, setelah hutang anda dilunasi anda harus bisa kelola keuangan dengan baik. Agar bisnis anda tidak selamanya terlilit dengan hutang. Selain itu anda juga akan dapat keuntungan lebih besar, sebab beban hutang anda berkurang.

  • Pemasukan lebih besar dari pengeluaran

Salah satu cara agar anda bisa tahu bisnis anda dalam kondisi sehat yakni pemasukan anda lebih besar dari pengeluaran.  Nah, agar keuntungan dan pengeluaran anda seimbang atau supaya pengeluaran anda tidak lebih dari pemasukan. Anda harus bisa catat keuangan anda dengan jelas dan rinci. Hingga terhindar dari kerugian, selain itu juga menandakan bisnis anda dalam kondisi sehat. Dan anda bisa gunakan software keuangan dalam pembukuan laporan keuangan anda. sehingga waktu kerja anda lebih efektif dan efisien.

  • Adanya alokasi pengeluaran untuk dana cadangan

Jika bisnis anda tetap dalam kondisi sehat maka anda harus punya dana cadangan. Dimana dana cadangan ini bermanfaat bagi bisnis anda ketika waktu mendesak. Seperti anda alami kerugian akibat pemutusan kerja oleh mitra kerja anda. tentu ini akan berdampak pada kinerja bisnis anda. maka dari itu anda bisa gunakan dana cadangan agar tidak terjadi kerugian. Dana ini bisa anda peroleh dari separuh keuntungan bisnis anda.

Sangat penting bukan untuk jaga kesehatan bisnis anda, sebab dengan bisnis yang sehat akan tentukan masa depan dari bisnis tersebut. Jika yang terjadi sebaliknya maka bisnis anda dalam kondisi bahaya bahkan bisa alami kegagalan. Maka dari itu anda harus bisa kelola keuangan perusahaan anda dengan baik. Dengan perhatikan arus kas perusahaan anda.