02 Oct 2021

Cara Mudah Buat Laporan Keuangan

Hallo sobat dahzyat…

Apakah laporan keuangan itu penting bagi anda? dan seberapa penting laporan keuangan bagi anda? atau malah sebaliknya laporan keuangan tidak begitu penting bagi anda. wahh jika seperti ini hati-hati sobat dahzyat. Sebab laporan keuangan ini ibarat nafas dari sebuah bisnis, jika laporan keuangan jelas dengan baik maka bisnis anda pun akan berjalan dengan baik. Tapi jika anda tidak hiraukan laporan keuangan maka anda akan kehilangan bisnis anda dalam waktu dekat.

Tentunya anda tidak ingin semua itu terjadi bukan. Maka dari itu anda harus pahan dengan laporan keuangan. Laporan keuangan ini juga sumber informasi bagi anda sebagai pimpinan apakah bisnis anda dalam kondisi baik atau tidak.

Nah, agar anda mudah dalam penyusunan laporan keuangan kami punya cara mudah untuk buat laporan keuangan yaitu :

  • Pahami prinsip-prinsip akuntansi

Langkah awal yang harus anda lakukan yakni paham dengan prinsip-prinsip akuntansi itu sendiri. Dan jangan pernah anda mencampurkan laporan keuangan perusahaan dengan keuangan pribadi. Sebab ini akan berkibat buruk pada bisnis anda, dimana akan terjadi pembukuan yang tidak jelas. Dan anda akan kesulitan bedakan mana uang perusahaan dan uang pribadi. Resiko lain yang akan terjadi bisnis anda punya kemungkinan yang besar untuk selalu alami kerugian.

  • Persiapan daftar akun

Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan yakni persiapkan daftar akun yang sesuai dengan bidang usaha anda. Jika usaha anda bergerak dibidang manufaktur maka yang harus anda persiapkan adalah persediaan barang mentah dan persediaan barang serta barang penolong.

  • Nota transaksi

Jika anda ingin buat laporan keungan maka anda harus simpan dan siapkan nota transaksi yang dilakukan  perusahaan anda, seperti pembayaran listrik, yang masuk dalam golongan jurnal umum, transaksi pembelian bahan baku, masuk dalam jurnal pembelian. Dan seterusnya.

  • Kode transaksi

Langkah selanjutnya anda buat kode awal transaksi/referensi disetiap transaksi, sebab kode ini akan bantu anda dalam melihat dan mencari nomor referensi. Misalnya transaksi penjualan dengan kode SJ arinya sales jurnal.

  • Transaksi pembayaran

Jika anda ingin buat laporan keuangan maka anda harus input transaksi pembayaran dari jurnal khusus seperti hutang-piutang yang diinput ke jurnal pembayaran hutang-piutang.

Nah, jika sudah anda lakukan 5 cara diatas maka pastika seluruh transaksi telah diposting ke buku besar. Kemudian siapkan neraca saldo lalu buatlah jurnal penyesuaian yang akan masuk ke neraca saldo. Selain itu dizaman sekarang dalam pembuatan laporan keuangan anda juga bisa gunakan software akuntansi. Dimana akan bantu dan memudahkan anda dalam penyusunan laporan keuangan.