06 Oct 2021

Bisnis anda down akibat tidak bisa control uang keluar masuk?

Hallo sobat dahzyat…

Bisnis yang sehat tentu bisnis yang punya kondisi keuangan yang terkontrol. Tapi saat sekarang yang terjadi pada bisnis anda malah sebaliknya. Dimana anda tidak bisa control uang keluar dan masuk dengan baik. Wah tentu ini bahaya bukan.

Bisa-bisa bisnis anda ada diambang kegagalan. Tentu anda tidak ingin ini terjadi bukan?

Nah, kami punya solusi bagi anda agar bisa kendalikan uang masuk keluar perusahaan anda dengan baik. Dimana anda harus tahu siklus dalam berbisnis dan arus kas perusahaan. Dimana arus kas ini jadi salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pelaku usaha.

Baik, disini kita akan bahas terlebih dahulu terkait siklus bisnis yang harus anda pahami yakni :

  1. Bisnis yang baru dimulai atau baru anda rintis
  2. Bisnis yang sedang bertumbuh
  3. Bisnis yang sudah mapan

Lalu, apa yang harus dilakukan agar arus kas dapat dikontrol dengan baik? Nah, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan agar arus kas terkontol dengan baik :

  • Operasional

Dimana aktivitas ini adalah aktivitas yang berpengaruh pada kas atau keuangan perusahaan anda. Dimana aktivitas operasional ini dibagi jadi dua yakni transaksi masuk dan transaksi keluar. Selain itu transaksi masuk itu diperoleh dari penerimaan dan penjualan barang atau penerimanaan hasil penerimaan piutang. Sedangkan transaksi keluar itu berupa pembayaran gaji karyawan, pembayaran kebutuhann perusahaan seperti paja atau hutang kepada pihak lain.

  • Pendanaan

Dimana aktivitas ini dari transaksi yang berkaitan dengan penambahan atau pengurangan modal. Transaksi masuk itu berasal dari penjualan surat berharga ekuitas, misalnya saham perusahaan atau penerimaan obligasi. Dan transaksi keluar berupa pembelian sahan dan pembayaran utang berjangka panjang untuk dapatkan sebuah saham.

  • Investasi

Dimana aktivitas ini berkaitan dengan pembelian aktiva tetap, yakni kekayaan perusahaan yang punya manfaat jangka panjang seperti gudang, tanah, dll. Arus kas masuk berasal dari penjualan aktiva tetap. Sedangkan arus keluar untuk pembelian aktiva tetap.

Nah, dengan laporan arus kas maka perusahaan anda akan mudah dalam mengontrol keuangan perusahaan. Dan memudahkan anda dalam membuat rencana bisnis dimasa yang akan datang. Selain itu dapat melihat kondisi perusahaan anda. Apakah dalam kondisi baik atau tidak. Nah ada kabar gembira untuk anda semua sekarang anda tidak perlu repot lagi dalam pembuatan laporan arus kas secara manual. Sekarang anda bisa gunakan software akuntansi agar memudahkan anda dalam penginputan arus kas perusahaan, dan agar terhindar dari berbagai resiko human eror.