30 Oct 2021

5 Tanda Kegagalan Bisnis Berada Dalam Kondisi Tidak Sehat

Hallo sobat dahzyat…

Bisnis sehat tentu dambaan semua orang bukan. Tapi apakah anda sudah jaga kesehatan bisnis anda dengan baik?

Sekarang masih banyak pelaku usaha, yang lalai dalam menjaga kesehatan bisnis. Apakah anda salah satunya? Wah jangan sampai anda melakukan hal ini, sebab akan berdampak buruk pada bisnis anda.

Nah, maka dari itu anda harus cek dari sekarang kesehatan bisnis anda. apakah dalam kondisi baik atau sebaliknya. Berikut tanda kondisi usaha dalam keadaan kurang baik, sebelum berada dalam kondisi parah anda harus tahu dulu gejala-gejala yang terjadi sama halnya dengan penyakit. Agar anda bisa lakukan tindakan yang lebih cepat untuk selamatkan bisnis anda.

Berikut tanda-tanda yang bisa anda jadikan acuan dalam melihat kondisi kesehatan bisnis anda:

  • Hutang perusahaan banyak

Hal yang akan membuat kondisi bisnis anda berada pada kondisi tidak sehat ketika anda tidak bisa lunasi hutang. Sehingga membuat bunga pinjaman anda tinggi. Hal ini akan berakibat juga pada asset anda, dimana ketika anda kesulitan bayar hutang maka besar kemungkinan anda akan menjual asset yang ada. Sangat bahaya bukan, maka dari itu anda harus berhati-hati dalam berbisnis. Dan harus perhatikan kondisi bisnis melalui laporan keuangan perusahaan anda.

  • Kurang modal

Modal memang jadi point penting dalam mendirikan sebuah bisnis, selain modal skill tentu modal materi yang harus anda siapkan. Tapi ketika bisnis berjalan lalu anda kekurangan modal akibat bisnis anda tidak berjalan dengan baik. Bisa diakibatkan piutang macet dan lainnya. Hal ini akan berdampak pada kondisi bisnis anda kedepannya.

  • Banyak piutang tak tertagih

Hal lain yang membuat kondisi bisnis anda berada pada kondisi tidak baik, ketika banyak piutang tak tertagih dari klien anda. hal ini akan jadikan pemasukan anda berkurang, sehingga akan berisiko pada bisnis anda. maka dari itu anda harus melakukan penagihan secara berkala, dan tetapkan pemberian denda bagi yang terlambat dalam pembayaran.

  • Penjualan berlebihan (Overtrading)

Penjualan yang maksimal memang sangat bagus sekali untuk bisnis anda, namun jika yang terjadi secara berlebihan maka akan akibatkan utang dan piutang bertambah. Sedangkan modal terus digunakan untuk proses operasional. Hal ini akan baut perusahaan anda bermasalah dalam likuiditas dan tidak bisa dapatkan uang tunai dari hasil penjualan.

  • Pengawasan yang kurang

Sebagai pebisnis anda harus bisa awasi bisnis anda dengan baik, laju bisnis bagaimana, kondisi bisnis bagaiamana, kinerja karyawan, dan terpenting awasi masalah keuangan. Jika anda tidak awasi dengan baik, maka bisnis anda akan berada diambang kegagalan.

Nah, cara yang bisa anda lakukan untuk pengawasan bisa lakukan koreksi keuangan rutin setiap bulan. Simpan bukti-bukti setiap transaksi.