11 Sep 2021

Pede Anda Berkurang? Ini Obatnya

Hallo sobat dahzyat

Bagi anda lulusan tahun 2020 akan lebih tahu bagaimana sulitnya cari kerja pada kondisi pandemi saat sekarang bukan? dimana beberapa dari teman anda sudah mulai bekerja, sedangkan anda masih dengan status pengangguran. Rasa minder mulai muncul dalam diri anda, dimana anda kurang percaya diri ketika bertemu dengan mereka. Selain itu tentu takut di bully akibat belum bekerja sampai sekarang. Padahal waktu kuliah anda yang paling berkompenten diantara mereka.

Hal ini memang sering terjadi pada semua orang tapi jika ini berlarut-larut terjadi pada diri anda tentu akan berdampak buruk bagi diri anda sendiri. Dimana akan muncul persaan negatif dalam diri anda seperti sedih, marah, kecewa, rendah diri dan lainnya. Tentu situasi ini tidak bagus untuk diri anda bukan.

Lalu bagaimana agar rasa tidak percaya diri itu bisa diobati dan diri anda kembali semangat dan percaya diri lagi :

  • Ubah cara berpikir anda

Pola pikir atau mindset jadi hal utama agar anda bisa punya semangat dan percaya diri yang  tinggi. kenapa demikian ? sebab mindset yang positiflah yang akan bisa mengendalikan diri anda sendiri. Dimana anda harus bisa bicara pada diri anda jika anda bisa, anda sanggup untuk bangkit dan sukses seperti orang lain. Jangan sesekali anda rendahkan diri anda sendiri, sebab ini akan berdampak buruk pada diri anda.

  • Puji diri anda

Kenapa harus memuji diri sendiri? Ini harus anda lakukan sebab dengan pujian akan tingkatkan percaya diri anda. berikan kata-kata motivasi dan inspirasi pada diri sendiri. Dengan seperti ini anda akan lebih bisa menghargai diri sendiri tentunya. Selain itu manfaat pujian ini adalah anda tidak akan pernah membandingkan diri anda dengan orang lain.

  • Anda harus bisa jadi diri sendiri

Rasa minder yang ada pada diri anda sering kali jadikan diri anda bertindak sebagai orang lain. Dimana anda tidak percaya diri dengan hal yang ada pada diri anda, sehingga anda pakai topeng orang lain untuk jalani hari-hari anda. sebab dengan demikian anda berpikir akan lebih baik, padahal ini salah sobat dahzyat. Ini hanya akan membuat diri anda semakin tidak percaya diri. Maka dari itu cobalah untuk jadi diri sendiri, hargai diri anda. Jangan pernah dengarkan komentar negative orang lain sebab itu hanya akan berdampak buruk pada diri anda sendiri.

  • Bergabunglah dengan lingkungan yang positif dan suportif

Lingkungan, pertemanan juga jadi salah satu yang bisa tingkatkan semangat dan percaya diri anda. dimana ketika anda lakukan suatu hal mereka hargai dan akui skill yang anda miliki. Dimana mereka juga dukung berbagai hal yang anda lakukan demi kesuksesan anda. jika lingkungan anda seperti ini berarti anda sudah berada pada posisi yang tepat dan positif.