14 Sep 2021

Agar Lolos Tahapan Wawancara Coba Tips Ini

Hallo sahabat dahzyat…

Tahap wawancara jadi tahap yang paling mendebarkan dan paling ditunggu-tunggu oleh semua pencari kerja, termasuk anda bukan. Tapi sudah sering wawancara kerja anda tidak pernah lolos ketahap selanjutnya atau lolos kerja. Tentu ini sangat buat anda kecewa bukan. persaingan dunia kerja memang sangat ketat banyak orang yang meletakkan impiannya pada satu lowongan kerja yang dibuka oleh perusahaan tersebut. Dan pada akhirnya banyak juga yang kecewa dengan hasil akhir yang di dapatkan.

Lalu bagaimana cara agar bisa lolos tahap wawancara? Nah disini ada penjelasan untuk anda agar lolos tahap wawancara :

  • Anda harus tau semua informasi dan profil terkait perusahaan

Kenapa anda harus tahu tentang semua itu? Tentu saja harus tau sebab dengan anda tahu seluk beluk perusahaan yang dilamar ketika wawancara pihak perusahaan akan menilai jika anda memang serius ingin bekerja pada perusahaan tersebut. Jika sebaliknya maka peluang anda akan kecil untuk lolos tahap wawancara. Sebab pada umumnya yang ditanyakan ketika wawancara atau interview adalah profil dari perusahaan. Selain itu jika anda tidak tahu sudah pasti peluang anda untuk diterima sangat kecil sekali.

  • Anda harus bersikap sopan dan ramah

Dalam tahap wawancara sopan santun dan bahasa tubuh anda harus dijaga, sebab ini juga jadi point penting dalam wawancara. Ketika mulai wawancara baik itu offline atau online cobalah sambut dengan ramah pihak pewawancara. Tunggu sampai anda dipersilahkan bicara atau perkenalkan diri baru mulai berbicara, jangan sesekali anda bersikap sesuka hati saja. Selain itu anda juga harus bisa jaga kontak mata dengan baik, jangan sampai ketika wawancara berlangsung anda menunduk akibat rasa gugup yang muncul. Padahal berbicara sambil tatap mata pewawancara akab bangun chemistry antara keduanya. Berikan kontak mata yang natural dan tunjukkan sikap antusias yang wajar kepada lawan bicara anda. dan jangan sesekali anda coba untuk kontak mata terlalu intens sebab ini akan buat suasana jadi canggung dan risih.

  • Perkenalkan diri anda

Ketika anda perkenalkan diri mulailah dengan secukupnya, maksudnya adalah anda perkenalkan diri secara singkat, padat dan jelas, dengan tujuan membuat piha pewawancara tertarik untuk gali informasi tentnag diri anda. Tapi jika terjadi sebaliknya anda tidak ada persiapan atau terlalu berbelit-belit dalam perkenalan diri pewawancara akan rasa bosan dengan interview tersebut. Maka dari itu anda harus ada persiapan dan bekal sebelum tahap wawancara dimulai, anda bisa belajar didepan cermin, sehingga pada hari H anda tidak gugup dan gelabakan.

  • Paham dengan posisi yang dilamar

Saat sekarang banyak pelamar kerja pilih posisi kerja dengan asal-asalan. Dengan tujuan dapat pekerjaan agar tidak nganggur lagi. Tapi ini sangat salah besar sobat dahzyat, kenpa demikian? Apabila anda lamar pekerjaan yang tidak sesuai dengan kemampuan yang anda miliki tentu ini tidak baik bukan, justru 80% kegagalan sudah ditangan anda. sebab perusahaan akan cari sesuai dengan kualifikasi yang diinginkan perusahaan.

  • Perhatikan pakaian anda ketika wawancara

Pakaian juga jadi hal penting yang harus anda perhatikan ketika wawancara, sebab dari cara pakaian anda pewawancara bisa tebak bagaimana karakter anda. seseorang yang berpakaian rapi akan cenderung punya sifat teliti, dan teratur. Sedangkan yang berpakaian acak-acakan akan sebaliknya. Itulah sebabnya anda harus berpakaian rapi ketika tahap wawancara kerja.

  • Jelaskan kelebihan yang anda miliki

Ketika tahap wawancara coba anda jelaskan kelebihan yang anda miliki, agar anda kemampuan yang anda miliki menarik perhatian pewawancara. Sampaikan kelebihan yang anda miliki terkait dengan posisi yang dilamar.