28 Sep 2021

7 Jurnal Dalam Akuntansi. Wajib Anda Tahu Sebagai Pelaku Bisnis

Hallo sobat dahzyat…

Apakah anda pernah dengar berkaitan dengan jurnal akuntansi? Sebagai pelaku bisnis tentunya anda tidak asing lagi bukan. Tapi sangat disayangkan sekarang masih banyak pelaku bisnis yang tidak paham dengan jurnal akuntansi. Bahkan dengan akuntansi itu sendiri.

Jika ini terjadi pada diri anda mari segera ubah hal tersebut. Jika tidak ini akan berdampak buruk pada bisnis anda. kenapa demikian? Tentu saja semua itu benar, sebab jika anda tidak paham dengan akuntansi anda tidak akan bisa mengembangkan bisnis anda dengan baik dimasa yang akan datang. Jika seperti ini resiko kebangkrutan akan bisa terjadi pada bisnis anda.

Tapi, anda tidak perlu khawatir kami akan jelaskan kepada anda apa saja jurnal yang ada dalam akuntansi tersebut.

Sebelum itu anda harus tahu dulu apa saja syarat dari sebuah jurnal akuntansi:

  1. Tanggal dilaksanakan transaksi.
  2. Akun dan nilai uang yang akan didebitkan.
  3. Referensi dokumen seperti faktur atau nota kredit.
  4. Referensi dari buku besar dimana transaksi diposting.

Lalu apa saja jenis dari jurnal akuntansi ? lalu apa tujuan dari jurnal akuntansi ini?

Jurnal akuntansi untuk menjaga agar proses akuntansi pada perusahaan anda tetap efisien dan efektif. Berikut 7 jenis jurnal akuntansi yang akan dikelola, sebagai berikut :

  • Jurnal umum

Jurnal umum ini jurnal sederhana yang punya dua akun saja yaitu akun yang terkait dengan debit dan akun yang terkait kredit.

  • Jurnal majemuk

Dalam jurnal ini anda bisa entri data minimal dua debit, satu kredit atau sebaliknya dua kredit dan satu debit. Entri gabungan ini dicatat untuk transaksi-transaksi yang sifatnya serupa dan terjadi pada hari yang sama.

  • Jurnal pembukuan

Dalam jurnal ini anda bisa catat saldo asset dan liabilitas, dan modal dari periode akuntansi sebelumnya. Agar anda bisa kembangkan bisnis anda dengan baik dan benar.

  • Jurnal transfer

Jurnal ini adalah entri jumlah akun yang ditranfer kea kun lain. Dan biasanya dilakukan dan dicatat untu transaksi ketika pemesanan yang salah dilakukan dengan akun apapun.

  • Jurnal penutup

Dimana anda bisa entri saldo pendapatan dan pengeluaran, serta ditutup dengan transfer saldo kea kun perdagangan atau akun laba rugi.

  • Jurnal penyesuaian

Pada jurnal ini anda bisa sesuaikan asset dan liabilitas yang dicatata pada nilai sebenarnya dan pendapatan disesuaikan dengan pengeluaran.

  • Jurnal koreksi

Pada jurnal ini anda bisa buat beberapa koreksi dalam buku entri asli atau beberapa akun dibuku besar.

Itulah beberapa jurnal akuntansi yang harus anda ketahui, selain itu jurnal akuntansi adalah langkah awal dalam siklus akuntansi. Dengan jurnal akuntansi semua transaksi akan ditampilkan secara rinci. Dan intinya akan berikan informasi kepada anda terkait dengan laporan keuangan. Dan jurnal juga akan analisis bagaimana transaksi keuangan berdampak pada bisnis.