11 Sep 2021

5 Alasan Lamaran Kerja Tidak Direspon

Hallo sobat dahzyat…

Apakah anda pernah kirimkan lamaran kerja ke perusahaan yang anda inginkan? Tapi tidak pernah dapat respon? Menunggu memang bukan hal yang asik bukan, apalagi yang ditunggu tidak pasti apakah anda diterima atau tidak. Berbagai pertanyaan akan muncul dalam benak anda tentunya.

Tapi tanpa anda sadari anda tidak perhatikan hal kecil yang buat anda tidak direspon ketika kirimkan lamaran kerja. Apakah itu? Yuk mari lihat penjelasan selanjutnya terkait 5 alasan kenapa lamaran kerja anda tidak direspon.

  • Anda tidak sesuai dengan kriteria perusahaan

Wah tentunya alasan ini buat anda sedih bukan. Tapi terkadang anda harus bisa terima kepahitan dalam dunia kerja. Lanjut kita ke pembahasan tadi kenapa tidak sesuai kriteria bisa tidak direspon? Tentu saja ini benar, ketika sebuah perusahaan membuka lowongan pekerjaan pastinya punya ketentuan dan kriteria masing-masing terhadap calon karyawannya nanti. Misalnya disebuah perusahaan buka lowongan kerja dibidang keuangan, dan kualifikasi atau kriteria yang diinginkan punya pengalaman dibidang tersebut. Tapi anda sebagai fresh graduate paksakan diri anda kirimkan lamaran kerja ke perusahaan tersebut sedangkan pelamar lainnya banyak yang sudah berpengalaman dibidangnya. Tentu perusahaan tersebut akan lebih utamakan orang yang punya pengalaman.

Tapi jangan khawatir dulu sobat dahzyat, bagaimana mau punya pengalaman jika anda tidak pernah diterima kerja oleh perusaan yang diinginkan. Tentu pertanyaan ini akan muncul bukan? Anda bisa tambahkan nilai plus pada diri anda dengan tingkatkan skill anda, misalnya dengan tambah kemampuan dibidang keuangan dengan belajar aplikasi keuangan seperti zahir accounting. Dan anda juga bisa ikuti kegiatan training lainnya untuk tingkatkan kemampuan anda. Dengan seperti ini anda akan dipertimbangkan oleh perusahaan yang dilamar.

  • Etika anda sebagai pelamar kerja

Pada saat sekarang cara melamar pekerjaan memang sangat mudah sekali, anda tidak perlu repot-repot untuk kirimkan berkas lamaran anda via pos atau antar langsung. Sekarang banyak perusahaan yang buka lowongan pekerjaan via online, baik itu via e-mail, WA, dan link lainnya. Tentu ini akan mempermudah anda bukan?

Tapi sekarang banyak dari pelamar kerja yang tidak memperhatikan hal itu, padahal hal itu sangat berpengaruh terhadap lamaran yang anda kirimkan. Dalam melamar kerja anda juga harus punya etika yang baik, walaupun itu online sekalipun. Dimana ada sebuah kalimat yang mengatakan “skill nomor dua, attitude nomor satu”. Kalimat ini sangat penting dalam dunia kerja. Kenapa demikian?  Sebab dalam dunia kerja etika sangat diprioritaskan, apalagi anda seorang pencari kerja. Jika anda tidak punya etika yang baik ini akan membuat anda gagal dalam melamar pekerjaan.

  • Anda tidak punya kata kunci

Alasan ini hampir sama dengan alsan pertama tadi dimana dalam setiap lamar pekerjaan perusahaan yang buka lowongan pasti punya kata kunci yang harus diberikan pelamar sesuai dengan kualifikasi yang ditentukan. Misalnya lowongan kerja yang dicari adalah staf keuangan, jadi anda harus tonjolkan kemampuan anda dalam bidang keuangan, seperti bisa gunakan salah satu aplikasi accounting seperti zahir accounting. Ini akan jadi nilai plus bagi anda para pelamar kerja. Jika anda tidak punya kata kunci itu maka peluang anda sangat kecil untuk diterima.

  • Kesalahan dalam pembuatan resume

Jika anda ingin direspon oleh perusahaan yang dilamar pastikan resume yang anda kirimkan punya nilai jual. Dimana anda bisa tonjolkan kemampuan yang anda inginkan, yang penting anda harus pastikan resume anda sesuai dengan pekerjaan yang dilamar. Misalnya sebagai staf manajemen proyek tapi anda tidak tunjukkan pada resume yang anda kirimkan skill yang anda miliki terkait manajemen proyek, tentu peluang untuk diterima akan sangat kecil sekali.

  • Tidak Menceritakan Fokus dan Tujuan Utama

Anda mungkin punya banyak bakat tapi anda harus perhatikan posisi yang anda lamar. Sebab jika anda tidak focus pada tujuan utama yang diiinginkan perusahaan tentu anda tidak akan diperhitungkan bukan. Misalnya dibidang fotografi anda dapat menunjang pekerjaan anda sebagai grapic designer. Dan jangan lupa anda harus ceritakan kelebihan anda diposisi yang dilamar. Dan contoh lainnya dibidang marketing eksekutif anda bisa jelaskan kemampuan yang anda miliki dimana anda bisa berkomunikasi dengan lawan bicara anda dengan baik dan bisa beradaptasi dengan lingkungan baru. Bukan menjelaskan jika anda punya bakat bernyanyi, menari, melukis, memasak, tentunya ini tidak focus pada apa yang diinginkan perusahaan yang dilamar. Intinya lamaran yang anda kirim harus sesuai dengan konteks atau kualifikasi yang diinginkan perusaan dan yang paling penting sertakan bukti pada lampiran dari berbagai kemampuan yang anda miliki.