30 Sep 2021

4 Cara Membaca Keuangan Untuk Kesuksesan Bisnis

Hallo sobat dahzyat…

Pernahkah anda membaca sebuah laporan keuangan? Atau pernahkah anda buat laporan keuangan?

Tentu sebagai pelaku bisnis laporan keuangan sudah tidak asing lagi bagi anda bukan. tapi sangat disayangkan sekarang masih banyak pelaku bisnis yang tidak bisa membaca laporan keuangan. Ini banyak terjadi pada pengusaha pemula yang belum pernah berkecimpung dalam dunia akuntansi.

lalu bagaimana caranya agar bisa dapat baca laporan keuangan ?

Nah, jangan khawatir sobat saat sekarang sulit untuk baca laporan keuangan bukan jadi penghambat lagi bagi anda untuk berbisnis. Sebab sudah banyak software keuangan yang akan bantu anda dan membantu anda agar mudah dalam penyusunan laporan keuangan. Dengan software keuangan ini anda bisa tahu kondisi keuangan bisnis yang anda jalankan secara detail dan akurat.

Tapi, masih banyak orang yang anggap baca laporan keuangan itu sulit, sebab terdapat banyak table yang buat sebagaian orang membingungkan. Dimana terdapat laba rugi, arus kas, perubahan modal, neraca, dan catatan atas laporan keuangan. Nah, berikut tips membaca laporan keuangan yang akan bantu anda untuk kesuksesan bisnis :

  • Laporan laba rugi

Laporan ini punya fungsi untuk tunjukkan apakah bisnis anda berada pada posisi laba atau rugi. Dimana laporan ini terbagi jadi pendapatan dan beban, dan terdiri dari operasional dan  non-operasional. Dalam laporan ini terdapat beberapa bagian yang harus anda ketahui seperti pendapatan laba rugi usaha, beban pinjaman, beban pajak, dll.

Nah, pada laporan ini anda harus bisa cermati apakah perusahaan alami untung atau rugi dan dari laporan ini juga anda akan tahu besar pendapatan yang anda dapatkan.

  • Laporan arus kas

Pada laporan arus kas ini anda akan lihat aliran masuk dan keluar dana perusahaan atau bisnis anda. dimana akan bantu anda untu proyeksikan arus kas dimasa depan dengan laporan terkini. Nah, komponen dalam laporan ini yang harus anda tahu yaitu, kas operasional, kas investasi (dana yang berkaitan dengan investasi perusahaan), kas pendanaan (yang berkaitan dengan modal untuk perusahaan).

Selain itu laporan ini juga bergua bagi pemegang saham, sebagai acuan untuk tahu bagaimana kondisi bisnis anda. misalnya mengapa perusahaan anda tidak bagikan dividen sedangkan ekuitasnya tinggi. ini bisa terjadi Karena arus kas sedang kosong atau perusahaan anda tidak punya persediaan kas yang cukup.

  • Laporan perubahan modal

Laporan ini akan bantu anda untuk tunjukkan data terkait modal yang dimiliki perusahaan. Dimana komponen yang terdapat dalam laporan ini, modal awal perusahaan, jumlah laba bersih, dan penambahan modal.

  • Laporan neraca

Dengan laporan ini anda akan tahu kondisi, informasi dan keuangan bisnis anda. dimana unsur yang terdapat dalam laporan ini adalah asset, liabilitas (beban), dan ekuitas (modal).  Dengan laporan ini anda juga akan tahu apakah bisnis anda berada dalam kondisi baik-baik saja atau tidak. Hal ini bisa anda lihat dari kekayaan perusahaan anda yakni kas, bank, piutang, dan lain-lain. Perusahaan anda dinilai berjalan lancar jika kasnya cukup untuk penuhi kebutuhan operasional.

Nah, dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat anda bisa buat laporan keuangan dengan mudah dan efesien menggunakan software keuangan.