06 Aug 2021

6 Motivasi Untuk Tingkatkan Performa Sales Team

Hallo sobat dahzyat

Penjualan perusahaan anda turun? Performa sales team lesu? Persaingan dunia bisnis semakin ketat?

Jika ini terjadi pada perusahaan anda tentu akan berdampak buruk bukan, bahkan hal yang tidak diinginkan bisa terjadi ‘kebangkrutaan’. Tapi jangan menyerah begitu saja sobat dahzyat !

Tapi pada kenyataannya sales team anda tidak capai target yang diinginkan, padahal mereka sudah berusaha dengan berbagai cara. Sehingga ini membuat sales team anda tidak bersemangat bahkan ada yang menyerah begitu saja. Ini akan berdampak buruk bagi bisnis anda. Nah sebagai pimpinan anda harus mampu bertahan dari badai dan goncangan persaingan bisnis. Selain itu anda harus bisa berikan kenyaman pada sales team anda sehingga mereka tidak mudah menyerah dan bekerja maksimal.

Anda bisa lakukan dengan berikan motivasi kepada mereka agar performa dan kinerja mereka meningkat kembali. Hal ini agar di kemudian hari sales target perusahaan anda tercapai.

Sebagai sales person memang selalu diiming-imingkan dengan komisi yang besar jika target tercapai. Tapi bukan ini saja bentuk motivasi yang harus diberikan pada salesman anda.

Nah, disini kami punya solusi untuk anda agar dapat memotivasi sales team dalam bekerja :

  • Jadikan profesi sales  sebagai pilihan

Kebanyakan profesi salesman jadi pelarian saja bagi pekerja, sebab mereka tidak dapatkan profesi yang diinginkan. Namun pemikiran ini sangat salah, pola pikir ini harus dibuang dari sales team anda. Yakinkan kepada mereka jika dengan sebagai sales mereka juga bisa raih kesuksesan.

  • Serius dengan profesi sales

Banyak dari sales team anda yang meremehkan profesi ini dimana mereka anggap profesi ini tidak ada tantangan, hanya sekedar berjualan saja. Dengan adanya mindset ini maka mereka tidak berperan aktif dalam penjualan, hanya menunggu konsumen datang untuk membeli. Tidak melakukan tindakan lain yang bisa menarik perhatian konsumen. Tentu ini salah!

Padahal dengan menunggu begitu saja hasil yang didapat hanya sedikit, coba pahami yang namanya conversion rate index dimana angka rata-rata pembelian bisa didapatkan dari sekian banyak konsumen yang ditemui dan ditawari produk anda. nah dengan seperti ini artinya semakin banyak konsumen yang anda tawarkan dan anda temui maka akan semakin banyak orang-orang kenal dan gunakan produk anda.

  • Berikan reward

Hal ini sangat banyak digunakan oleh perusahan-perusahaan pada umumnya dimana berikan reward pada salesman yang capai target dengan baik. Tentunya reward yang diberikan sudah diatur dan disesuaikan dengan kebutuhan dan strategi penjualan pada perusahaan.

  • Promosi dan jenjang karir yang jelas

Selain reward promosi dan jenjang karir yang jelas juga kesempatan untuk ikut pelatihan peningkatan kompetensi jual jadi cara yang efektif untuk tingkatkan semangat sales team anda.

  • Ciptakan persaingan yang sehat

Tak jarang jika dengan berbagai penghargaan yang diberikan kepada salesman akan memicu persaingan yang tidak sehat. Nah disinilah peran anda sebagai pemimpin yang baik anda harus bisa memotivasi sales team. Anda harus bisa buat persaingan yang terjadi justru jadi pembangkit semangat sales person untuk tingkatkan prestasi dengan cara yang positif.

  • Training dan pelatihan

Selain itu anda juga memotivasi sales team dengan berikan training motivasi dan pelatihan motivasi kerja. Dimana training ini akan tingkatkan performa penjualan sales team anda. training yang anda ikuti bisa berupa pelatihan skill, skill komunikasi, salesmanship, dan pelatihan motivasi kerja yang tentunya akan tingkatkan semangat kerja. Dengan adanya training dan pelatihan ini akan terbentuk rasa percaya diri pada sales person anda.

Tujuan dari memotivasi sales team ini tentu agar performa penjualan meningkat. Sehingga perusahaan anda dapat keuntungan yang diinginkan dan anda bisa kembangkan bisnis anda. jika anda ingin gunakan jasa training dan pelatihan motivasi dari asbtraining.co.id Untuk informasi selanjutnya bisa Hubungi Kami di +62811 6615 551 atau klik tombol WA dipojok kanan untuk Konsultasi.