28 Jun 2021

Pembukuan Keuangan Berantakan? Tanpa Di Sadari Ini Kesalahan Anda

Hello Sobat Dahzyat…

Punya bisnis yang sehat, tentu sudah pasti jadi dambaan setiap orang. Namun coba banyangkan jika sebuah bisnis terus merugi. Keuangan tidak jelas, hutang tidak mampu dibayar dan piutang sulit ditagih. Tentu membuat perusahaan berada didalam kondisi sangat berbahaya. Hal ini juga akan membuat perusahaan diambang kebangkrutan.

Ini terjadi akibat pembukuan keuangan yang berantakan. Kenapa demikian? Sebab dalam bisnis pembukuan keuangan punya peran penting. Dengan laporan keuangan anda bisa lihat bagaimana kondisi bisnis anda dalam periode tertentu. Selain itu juga penting bagi pihak eksternal seperti investor. Dengan kondisi keuangan yang baik tentu akan menarik perhatian para investor untuk berinvestasi pada bisnis anda.

Tapi tanda anda sadari, masalah mulai muncul akibat kesalahan-kesalahan yang tidak anda sadari akibatnya laporan keuangan bisnis anda berantakan. Nah disini kami akan jelaskan apa saja kesalahan tersebut :

  • Pembukuan Laporan Keuangan Secara Manual

Salah satu yang jadi penyebab laporan keuangan bisnis anda berantakan adalah pembukuan secara manual, ini punya resiko cukup besar untuk terjadi kesalahan. kenapa begitu? sebab dalam penulisan bisa saja anda salah catat data, yang seharusnya Rp 500.000 jadi Rp 50.000 wah tentu ini bahaya bukan. lama kelamaan seperti ini tentu anda akan kehilangan banyak uang anda. Nah, maka dari itu sekarang banyak perusahaan besar maupun kecil menggunkan aplikasi keuangan untuk pembukuan laporan keuangan, sebab dalam penginputan akan mempermudah anda dan selain itu juga akan menghemat waktu.

  • Anggap Sepele Bukti Transaksi

Hal yang harus anda lakukan jika ingin kondisi bisnis anda berjalan stabil hingga capai kesuksesan yang anda inginkan. Anda harus perhatikan hal sekecil apapun itu yang terjadi dalam bisnis anda, seperti bukti transaksi bisnis, baik transaksi masuk dan keluar. Sebab bukti transaksi juga jadi acuan kuat dalam sebuah laporan keuangan. jika tidak ada bukti transaksi anda bisa saja dianggap menggelapkan uang perusahaan anda. Sebab transaksi yang tercatat tidak punya bukti yang jelas. Nah, maka dari itu anda harus simpan bukti dan dokumen penting terkait dengan bisnis anda. Sebab sekecil apapun itu, akan mempengaruhi bisnis anda dimasa selanjutnya.

  • Rencana Keuangan Tidak Tersusun Dengan Baik

Sebelum mulai berbisnis tentunya anda harus susun dengan baik ide bisnis anda terlebih dahulu, tapi yang harus anda susun bukan hanya ide pengembangan bisnis saja tapi anda juga harus susun sistem keuangan dengan baik. Sebab bisnis anda akan berjalan dengan baik jika punya perencanaan keuangan yang jelas.

Untuk informasi selanjutnya Hubungi  Kami di +62811 6615 551 atau klik tombol WA dipojok kanan bawah untuk Konsultasi.