28 Jun 2021

Pelanggan Kecewa Bisnis Jadi Taruhannya

Hallo Sobat Dahzyat

Anda sulit dapatkan pelanggan ? bahkan sulit untuk pertahankan pelanggan lama?

Jika Seperti ini kondisi bisnis anda dalam keadaan berbahaya. Sebab pelanggan jadi pemeran utama dalam sebuah bisnis. Jika anda tidak punya pelanggan maka bisnis anda tidak aka berjalan dengan baik, bahkan besar kemungkinan bisnis anda akan gulung tikar.

Ibarat kata yang sering didengar “Pelanggan adalah Raja” ini berlaku bagi pelanggan yang punya nilai kesopanan tentunya. Jika anda berani berkecimpung dalam dunia bisnis, maka anda juga harus bisa menerima dan melayani berbagai sifat dari pelanggan yang datang. Ada kalanya anda bertemu pelanggan yang sopan dan puas dengan produk anda, namun ada kalanya yang terjadi malah sebaliknya ketika ini terjadi maka maka anda harus atisipasi untuk tetap jaga citra baik bisnis anda, selain itu anda juga harus usahakan agar tidak kehilangan pelanggan.

Nah, dengan loyalitas dan pelayanan yang baik juga akan jadi salah satu bentuk anda bisa pertahankan pelanggan anda, terutama pelanggan lama jangan sampai anda kehilangan kepercayaan mereka. Jika pelanggan lama anda bertahan maka ini membuktikan jika loyalitas bisnis dan produk anda sangat baik.

Selain itu yang harus anda tahu tantangan terbesar dalam bisnis itu adalah bisa pertahankan pelanggan lama. Anda mungkin bisa saja temukan pelanggan baru dengan berbagai trik, tapi jangan sampai anda tidak mengacuhkan pelanggan lama anda. Tentu ini juga akan berdampak pada bisnis anda kedepannya.

Dan poin penting lainnya yang harus anda jaga yakni kepuasan pelanggan pada produk anda. Tapi bagaimana caranya? Nah, jangan khawatir sobat anda bisa lakukan cara berikut agar kepercayaan dari pelanggan anda bisa dijaga dengan baik :

  • Produk yang anda tawarkan bermanfaat bagi mereka

Hal utama yang akan jadi daya tarik pelanggan untuk gunakan produk anda adalah manfaat dari produk tersebut untuk mereka. Sebab ini akan jadi point utama dimana pelanggan anda akan mudah ingat dengan produk yang berikan manfaat untuk mereka.

  • Lakukan Follow Up setelah transaksi penjualan selesai

Saat sekarang pelaku bisnis berikan perhatian pada pelanggan hanya sampai batas mereka membeli produk saja, setelah itu anda mulai acuh dengan mereka. Ketika pelanggan anda dapat masalah terkait produk, anda tidak berikan solusi terkait keluhan yang disampaikan. Jika ini anda lakukan tentu bisnis anda tidak akan berjalan lama. Sebab anda sudah sia-siakan kepercayaan mereka. Lalu apa yang harus dilakukan setelah transaksi penjualan selesai? Nah, sebagai salah satu cara agar pelanggan tetap percaya dan terus gunakan produk anda. anda harus berikan perhatian kepada mereka terkait keluhan yang disampaikan. Sebab dengan demikian mereka akan puas dengan produk dan pelayanan yang mereka peroleh. selain itu ini sangat bermanfaat untuk jangka panjang, dimana dengan pelayanan yang baik dan maksimal pelanggan anda tidak akan pindah kelain hati.

  • Coba kembangkan hubungan simbiosis mutualisme

Kenapa harus simbiosis mutualisme? yang terpenting kan produk anda sudah terjual. Tentu konsepnya tidak selalu seperti ini sobat dahzyat. Kenapa begitu?

Agar pelanggan Anda terus bertambah, serta pelanggan lama terus bertahan. Anda harus melakukan hubungan simbiosis mutualisme dengan pelanggan. Anda harus memberikan produk yang pelayanan yang menguntungkan kedua belah pihak, jangan hanya menguntungkan Anda saja.

Untuk informasi selanjutnya Hubungi  Kami di +62811 6615 551 atau klik tombol WA dipojok kanan bawah untuk Konsultasi.