28 Jun 2021

Jangan Kecewakan Pelanggan Jika Bisnis Anda Tidak Ingin Berakhir

Hallo Sobat Dahzyat

Anda sulit dapatkan pelanggan ? bahkan sulit untuk pertahankan pelanggan lama?

Tentunya ini akan berbahaya untuk kondisi bisnis anda. kenapa demikian? sebab pelanggan jadi pemeran utama dalam sebuah bisnis. Jika tidak ada pelanggan tentu bisnis tidak akan berjalan dengan baik. Bahkan bisa saja bisnis anda bangkrut.

Kenapa hal ini terjadi? Ini terjadi karena sebagai pelaku bisnis anda tidak bisa berikan yang terbaik untuk pelanggan anda. Disini anda tidak hanya berikan produk yang baik saja tapi anda juga harus berikan loyalitas yang maksimal kepada pelanggan anda, apalagi pelanggan lama jika anda acuh tak acuh maka otomatis mereka akan kecewa dan pastinya tidak mau menggunakan produk anda lagi. Sebab tantangan terbesar dalam dunia bisnis adalah pertahankan pelanggan lama. Anda bisa saja temukan pelanggan baru dengan berbagai trik bagus, hanya saja anda lupa dengan pelanggan lama yang sudah pakai produk anda. Tentu ini juga akan berdampak pada bisnis anda kedepannya.

Hal yang harus anda ketahui selain itu ini juga salah satu point penting dalam dunia bisnis, dimana anda harus bisa jaga kepuasan pelanggan pada produk yang anda jual. Nah lalu bagaimana caranya? Jangan khawatir sobat dahzyat anda bisa lakukan cara berikut agar bisa jaga kepercayaan dari pelanggan anda :

  • Produk yang anda tawarkan bermanfaat bagi mereka

Hal utama yang akan jadi daya tarik pelanggan untuk gunakan produk anda adalah manfaat dari produk tersebut untuk mereka. Sebab ini akan jadi point utama dimana pelanggan anda akan mudah ingat dengan produk yang berikan manfaat untuk mereka.

  • Lakukan Follow Up setelah transaksi penjualan selesai

Saat sekarang pelaku bisnis berikan perhatian pada pelanggan hanya sampai batas mereka membeli produk saja, setelah itu anda mulai acuh dengan mereka. Ketika pelanggan anda dapat masalah terkait produk, anda tidak berikan solusi terkait keluhan yang disampaikan. Jika ini anda lakukan tentu bisnis anda tidak akan berjalan lama. Sebab anda sudah sia-siakan kepercayaan mereka. Lalu apa yang harus dilakukan setelah transaksi penjualan selesai? Nah, sebagai salah satu cara agar pelanggan tetap percaya dan terus gunakan produk anda. anda harus berikan perhatian kepada mereka terkait keluhan yang disampaikan. Sebab dengan demikian mereka akan puas dengan produk dan pelayanan yang mereka peroleh. selain itu ini sangat bermanfaat untuk jangka panjang, dimana dengan pelayanan yang baik dan maksimal pelanggan anda tidak akan pindah kelain hati.

  • Coba kembangkan hubungan simbiosis mutualisme

Kenapa harus simbiosis mutualisme? yang terpenting kan produk anda sudah terjual. Tentu konsepnya tidak selalu seperti ini sobat dahzyat. Kenapa begitu?

Agar pelanggan Anda terus bertambah, serta pelanggan lama terus bertahan. Anda harus melakukan hubungan simbiosis mutualisme dengan pelanggan. Anda harus memberikan produk yang pelayanan yang menguntungkan kedua belah pihak, jangan hanya menguntungkan Anda saja.

Untuk informasi selanjutnya Hubungi  Kami di +62811 6615 551 atau klik tombol WA dipojok kanan bawah untuk Konsultasi.