28 Jun 2021

5 Kesalahan Dalam Melakukan Pembukuan Keuangan

Hello Sobat Dahzyat…

Punya bisnis yang sehat, tentu sudah pasti jadi dambaan setiap orang.

Namun coba banyangkan jika sebuah bisnis terus merugi.

Keuangan gak jelas, hutang tidak mampu dibayar dan piutang sulit ditagih.

Tentu membuat perusahaan berada didalam kondisi sangat berbahaya. Hal ini juga akan membuat perusahaan diambang kebangkrutan.

Tentunya Anda tidak ingin semua ini terjadi bukan?

Nah, maka dari itu Anda perlu mengetahui lima kesalahan yang akan membahayakan usaha Anda , yaitu:

  • Pembukuan Kurang Diperhatikan

Kesalahan fatal yang sering terjadi pada pengusaha baik itu pemulai maupun yang sudah memulai bisnis adalah mengabaikan pembukuan keuangan. Terkadang hanya focus pada produk dan pemasaran. Sebab sebagian dari pengusaha mengangap jika pembukuan keuangan itu rumit. Sehingga tidak menjadi prioritas, jika semua ini terjadi pada Anda bisnis Anda sedang dalam bahaya, hal ini bisa menyebabkan bisnis Anda tersendat bahkan mengalami kebangkrutan.

  • Tidak Menyimpan Bukti Transaksi

Ketika bisnis Anda mulai berkembang akan banyak transaksi keluar atau masuk pada bisnis Anda. Setiap transaksi itu akan memiliki bukti, baik itu pembayaran dan yang lainnya. Jangan sampai Anda memiliki kebiasaan buruk untuk tidak menyimpan bukti tersebut, sebab bukti transaksi merupakan hal penting dalam pembukuan. Jika tidak memiliki bukti transaksi Anda akan mengalami kesulitan dalam mengembangkan bisnis Anda. Kesalahan pembukuan akan mengakibatkan usaha Anda di ambang kebangkrutan. Jadi Anda harus menyimpan dengan baik dokumen penting apapun yang berkaitan dengan usaha Anda.

  • Salah Menghitung Harga Pokok Penjualan

Kesalahan pembukuan terjadi akibat Anda tidak memiliki bukti transaksi. Dan ini akan memberikan dampak juga kepada kesalahan menghitung Harga Pokok Penjualan. Sebab banyak hal yang harus diperhatikan dalam menghitung Harga Pokok Penjualan ini. dimana Harga Pokok Penjualan komponen dalam pembukuan laporan keuangan yang berisi informasi penting dalam memberikan bantuan untuk menentukan nilai dari bisnis yang Anda jalankan.

  • Membuat Pembukuan Secara Manual

Kesalahan ini sering terjadi pada pelaku bisnis, dimana melakukan pembukuangan keaungan secara manual. Dimana resiko kesalahan penulisan cukup besar. Maka dari itu dalam pembukuan keuangan Anda bisa menggunakan software akuntansi.

Untuk Informasi selanjutnya Hubungi Kami di +62811 6615 551  atau Chat WA untuk Konsultasi